Riset: Garansi Tepat Waktu Shopee Beri Efek Positif Buat Jasa Pengiriman
Riset terbaru Snapcart menyebut program pengiriman tepat waktu Shopee, yaitu Program Garansi Tepat Waktu (GTW), memberi pengaruh positif bagi para mitra jasa kirim di Shopee, termasuk SiCepat.
Program yang diluncurkan oleh Shopee tahun lalu ini sendiri memberikan jaminan waktu pengiriman pesanan bagi para pembeli di Shopee. Sementara, riset Snapcart ini melibatkan 500 responden dari berbagai wilayah di Indonesia.
Hasil risetnya menemukan bahwa loyalitas pelanggan terhadap SiCepat naik sebesar 16%, hingga mencapai 70% setelah Program Garansi Tepat Waktu diluncurkan. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan SiCepat juga meningkat sebesar 6% menjadi 74%.
Hal ini menunjukkan bahwa program jaminan waktu pengiriman dari Shopee secara langsung memberikan kontribusi pada peningkatan kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap penyedia jasa kirim.
Dari segi kualitas layanan, riset Snapcart menemukan adanya peningkatan terhadap kecepatan kualitas pengiriman SiCepat sebesar 8% menjadi 72% setelah Program GTW diterapkan. Temuan ini mengindikasikan bahwa Program GTW mampu mendorong perusahaan jasa kirim untuk meningkatkan operasional layanan mereka demi memenuhi standar waktu pengiriman yang dijanjikan.
Layanan jasa kirim lainnya yang tersedia di Shopee, seperti Anteraja, JNE, dan Pos Indonesia juga mengalami peningkatan signifikan dari segi loyalitas, kecepatan, dan kepuasan konsumen setelah Program GTW Shopee diluncurkan.
Pada Anteraja, kecepatan dan kepuasan pelanggan setelah Program Garansi Tepat Waktu naik hingga 9%, bahkan loyalitas pelanggan naik hingga 10% dan pada jasa kirim
Pos Indonesia loyalitas dan kecepatan naik hingga 8% serta kepuasan naik sebanyak 2%. Sementara pada JNE riset Snapcart menemukan adanya peningkatan loyalitas pelanggan naik hingga 12%, kecepatan naik 6% dan kepuasan naik 4%.
Alasan Belanja Online
Riset Snapcart juga menemukan 74% responden menyatakan kecepatan dan ketepatan waktu pengiriman adalah salah satu alasan utama mereka memilih untuk berbelanja secara daring.
“Secara umum, banyak konsumen mengatakan bahwa ketepatan waktu pengiriman menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam keputusan mereka ketika berbelanja online. Survei ini juga menguatkan bahwa pengiriman memang merupakan aspek penting yang tidak bisa diabaikan dalam e-commerce,” kata Anggia, Manager Riset Snapcart, Senin (14/7).
Riset Snapcart merefleksikan bahwa pengiriman yang cepat dan tepat waktu adalah faktor krusial yang dapat menentukan keberlanjutan bisnis platform belanja daring maupun mitra logistik.
Program GTW Shopee menjadi contoh inisiatif yang cukup efektif dalam meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan terhadap penyedia jasa kirim, yang pada akhirnya dapat mendorong pertumbuhan ekosistem belanja online secara keseluruhan di Indonesia