Lazada, Bukalapak, Shopee dan GoPay Beri Diskon Harbolnas hingga 99%

Image title
6 Desember 2019, 10:52
Lazada, Shopee, Bukalapak, Blibli.com, OVO hingga GoPay memberikan promosi berupa diskon hingga cashback sampai 99%
ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Ilustrasi, pengunjung melintas di depan restoran makan cepat saji yang terpasang poster promosi diskon aplikasi fintech pembayaran atau "payment gateway" di salah satu mal di Bekasi, Jawa Barat, Kamis (28/3/2019).

Memasuki periode hari belanja online nasional (harbolnas) atau pesta diskon 12.12, perusahaan e-commerce hingga teknologi finansial (fintech) mulai memberikan promosi. Lazada, Bukalapak, Shopee, GoPay dan OVO menyediakan potongan harga hingga 99%.

Lazada menyiapkan total voucher Rp 12 miliar dalam menyambut harbolnas atau 12.12 tahun ini. Perusahaan e-commerce ini juga menawarkan gratis ongkos kirim ke seluruh Indonesia dan diskon hingga 99%.

Untuk mendapatkan voucher tersebut, pengguna bisa bermain gim dan mengikuti live streaming di aplikasi Lazada. “Ini untuk menggaet konsumen,” kata SVP Traffic and Operations Lazada Indonesia Haikal Bektianggoro di Jakarta, kemarin (5/12). 

Ia mengatakan, perusahaannya sudah menyiapkan layanan logistik guna mengantisipasi tingginya permintaan produk saat harbolnas. Startup asal Singapura ini pun memiliki 12 gudang dan dua penyortiran di Indonesia.

(Baca: Transaksi Penjualan Harbolnas Tahun Ini Diramal Naik Lima Kali Lipat)

Sejak 2015, Lazada meresmikan layanan kurir sendiri yakni Lazada Express (LEX). Kini, perusahaan memiliki 74 last mile hub atau pusat titik pengantaran barang, denga lebih dari 8 ribu kurir.

Perusaaan juga bekerja sama dengan startup logistik, Popbox. "Ke depannya sudah pasti akan kerja sama dengan startup logistik lain," ujar Chief Customer Experience Officer Lazada Indonesia Ferry Kusnowo.

Direktur Consumer Insight Nielsen Indonesia Rusdy Sumantri mengatakan, potensi dari harbolnas tidak hanya untuk meningkatkan jumlah transaksi dan kunjungan di platform saja, tetapi juga perekonomian Indonesia. “Pesta diskon ini juga menggerakan ekonomi digital,” katanya.

Berdasarkan data Nielsen Indonesia, 88% konsumen e-commerce mempersiapkan diri untuk berbelanja saat 12.12 tahun lalu. Produk fashion yang paling diminati oleh konsumen, dengan total 59% dari total penjualan.

(Baca: Transaksi 11.11 Melambat, Asosiasi e-Commerce Ragukan Data Criteo)

Bukalapak juga menyiapkan program bukakalap untuk menyambut harbolnas. Salah satu unicorn ini pun menyiapkan total diskon hingga Rp 50 miliar, dengan promosi berupa uang kembali (cashback) 99% di BukaMall. Perusahaan juga memberikan gratis ongkos kirim.

Perusahaan e-commerce lainnya yakni Shopee juga memberikan potongan harga hingga 90%, serta gratis ongkos kirim. Sedangkan Blibli.com menyediakan ekstra diskon, termasuk cashback sampai Rp 1 juta.

Perusahaan fintech pembayaran seperti OVO dan GoPay juga turut serta memberikan diskon saat harbolnas. OVO menyediakan promosi cashback 12% isi pulsa,bayar tagihan dan paket data.

Dompet digital besutan Gojek, GoPay menggelar Online Festival 12.12 selama 8-12 Desember 2019. Perusahaan menyediakan cashback  50% di lebih dari 70 rekan usaha termasuk e-commerce, makanan dan minuman, gim serta layanan di aplikasi Gojek seperti GoPulsa dan GoBills.

VP Online and Digital GoPay Winardi Christian mengatakan, konsumen GoPay Online Festival pada bulan lalu disambut antusias. “Kali ini, kami hadir lebih awal,” kata dia dalam siaran pers, Jumat (6/12).

(Baca: Lazada Beri Ganti Rugi jika Pengiriman Barang Terlambat)

Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...