Lazada Gaet 2.500 Petani Luncurkan Laman Khusus Sayuran

Image title
28 April 2020, 20:00
Lazada Gaet 2.500 Petani Luncurkan Laman Khusus Sayuran
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi Lazada
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Lazada meluncurkan laman khusus sayuran di Indonesia menjelang ramadan. Perusahaan e-commerce asal Singapura ini pun menggandeng Rumah Sayur Group dan 2.500 mitra petani binaan Desa Sejahtera Astra-Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk menyediakan layanan anyar itu.

EVP Commercial FMCG Category Lazada Indonesia Bobby Gandasaputra menilai, potensi penjualan bahan pokok, termasuk sayuran cukup besar. Permintaannya bahkan melonjak selama pandemi corona.

Karena itu, Lazada meluncurkan laman khusus sayuran untuk memudahkan konsumen dan membantu petani di Jawa Barat. "Kami ingin membantu mitra petani menjual produk hasil pertaniannya dengan harga yang kompetitif di platform," ujar Bobby saat video conference, Selasa (28/4).

Saat ini, ada sekitar 150 produk sayuran yang tersedia di platform Lazada. "Jumlahnya akan bertambah setiap hari," ujar Bobby. (Baca: Masuk Ramadan, Tokopedia Luncurkan Tiga Layanan untuk Dorong Transaksi)

Sayuran tersebut akan segera diantar dengan jasa pengiriman instan dan tiba di rumah pembeli dalam tiga jam setelah paket dijemput oleh mitra kurir. Lazada menggandeng Gojek untuk menyediakan layanan logistik. 

Rektor IPB Arif Satria menambahkan, selama ini petani menghadapi persoalan jatuhnya harga ketika pasokan berlebih pasca-panen. “Salah satu upaya kami untuk memacu kelancaran distribusi tersebut yakni mengandeng marketplace atau e-commerce,” ujar dia.

Ia mengklaim, konsumen Lazada akan mendapatkan harga sayur yang lebih murah 20% dibanding pasar konvensional. Penyebabnya, distribusi melalui e-commerce memotong mata rantai distribusi produk dari petani ke konsumen.

(Baca: Hari Belanja Brand Lokal, Pesta Diskon Lebih dari 1.000 Merek Nasional)

VP Sales and Product Rumah Sayur Group Tubagus Diahinnur Hadikusma mengatakan, kapasitas penjualan perusahaan menurun akibat pandemi virus corona. Dari biasanya mencapai 10-12 ton per hari, menjadi hanya tiga sampai empat ton.

“Dengan adanya kerja sama ini, kami tetap bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan memastikan usaha serta kesejahteraan para mitra petani di tengah pandemi,” kata Tubagus.

Selain Rumah Sayur, konsumen Lazada dapat membeli sayuran segar dari laman Cari Sayur, yang merupakan koperasi pedagang Pasar Induk di bawah PasKomNas (Pasar Komoditi Nasional). Ke depannya, perusahaan bakal menggandeng sejumlah instansi lain seperti Pasar Mitra Tani, Duta Milenial, Kostratani, dan Ayomart yang berada di bawah naungan Kementerian Pertanian.

(Baca: Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Lazada Beri Diskon Ramadan hingga 99%)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...