Pesta Diskon Pemilu, Peretail Raup Kenaikan Omzet hingga 10 Kali Lipat

Image title
Oleh Ekarina
19 April 2019, 11:43
Warga menunjukkan jari yang telah dicelupkan tinta Pemilu saat membeli salah satu makanan siap saji di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Sejumlah pusat perbelanjaan dan gerai makanan memberikan potongan harga atau diskon untuk masyarakat yang menggunakan hak pil
ANTARA FOTO/PUSPA PERWITASARI
Warga menunjukkan jari yang telah dicelupkan tinta Pemilu saat membeli salah satu makanan siap saji di Jakarta, Rabu (17/4/2019). Sejumlah pusat perbelanjaan dan gerai makanan memberikan potongan harga atau diskon untuk masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada pesta demokrasi Pemilu serentak 2019.

Peretail modern mengaku meraih keuntungan berlipat selama penyelenggaraan pesta diskon yang digelar bertepatan dengan Pemilu pada 17 April lalu. Program bertajuk Klingking Fun tersebut diikuti oleh 250 brand retail lokal maupun luar negeri dengan beragam tawaran diskon hingga 50%.

Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indoneia (Hippindo), Budiharjo Iduansjah menyatakakan program Klingking Fun cukup berhasil menggairahkan animo belanja masyarakat secara nasional. Program kolaborasi antara pelaku usaha pusat perbelanjaan dan peretail ini pun dinilai telah mampu meningkatkan hasil penjaualan antara 1,5 hingga 10 kali lipat.

"Tak mengherankan, karena pengunjung mall kemarin juga meningkat signifikan lebih dari dua kali lipat dari hari biasa," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (19/4).

(Baca: Deretan Promo Jajanan dan Wisata Menarik Sambut Pemilu 2019)

Berdasarkan pantaun Katadata.co.id, pusat perbelanjaan memang terlihat lebih padat pada 17 April lalu dibanding hari biasanya. Salah satunya seperti yang terlihat di sebuah mall di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan. Sejumlah gerai di dalam mall tampak dijejali pembeli hingga ada yang rela mengantre sampai keluar untuk membayar ke kasir.

Ada pula  gerai sepatu yang sampai memberlakukan sistem buka-tutup karena pengunjung gerai yang membludak akibat program "buy one get one". Alhasil, anteran pengunjung mengular sekitar dua meter dari pintu gerai.

Sementara itu, Head of Corporate Communication PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP) Fetty Kwartati mengaku ada peningkatan omzet atau transaksi penjualan pada brand retail perusahaan selama penyelenggaraan program. "Kenaikannya ada 1,5 kali, ada yg naiknya 10 kali lipat dibanding hari biasa," katanya kepada Katadata.co.id, Kamis malam (19/4).

(Baca: Cegah Golput, Pengusaha Beri Insentif Diskon Hingga 50% )

Fetty yang juga menjabat sebagai Pengurus Dewan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menyatakan program ini bukan hanya untuk mengincar peningkatan penjualan, tapi juga ajakan partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019.

Sedangkan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf  mengatakan KlingKing Fun juga berlaku untuk kampanye produk dalam negeri. Sehingga, toko-toko nasional - kecil atau besar, bisa terangkat serta menyeimbangkan neraca perdagangan global.

Triawan juga meminta supaya pesta diskon antigolongan putih bisa memacu masyarakat untuk melupakan ketegangan perbedaan pendapat. "Kami ingin gairah perdagangan kembali normal sehingga setiap pihak bisa fokus untuk mengejar indikator pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

(Baca: Tak Hanya di Mal, Diskon Pemilu 2019 Juga Ada di Toko Online)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...