BI Rajin Pangkas Bunga Acuan, Peta Deposito Lima Bank Terbesar Berubah

Agustiyanti
21 September 2019, 17:42
bunga bi.
Donang Wahyu|KATADATA
Ilustrasi. Sepanjang tahun ini, BI telah memangkas bunga tiga kali atau sebesar 0,75%.

Bank Indonesia (BI) kembali memangkas bunga acuan pada bulan ini sebesar 0,25%. Sepanjang tahun ini, BI telah memangkas bunga tiga kali atau sebesar 0,75%.

Berdasarkan data indikator likuiditas yang dirilis LPS pada bulan ini,  rata-rata bunga deposito pada akhir Agustus turun sebesar 0,13% dibanding bulan sebelumnya menjadi 5,95%. Jika dihitung sepanjang tahun ini, rata-rata bunga deposito benchmark LPS tersebut hanya turun 0,2%.

Lalu bagaimana dengan bunga deposito bank?

Dari kelima bank terbesar di Tanah Air, bunga deposito paling tinggi ditawarkan oleh Bank CIMB Niaga yang masih mencapai kisaran 6,5% hingga 6,75%. Bunga 6,5% diberikan untuk simpanan jangka waktu 1 bulan dan 3 bulan, sedangkan 6,75% diberikan untuk simpanan jangka waktu 6 bulan dan 12 bulan.

(Baca: BI Harap Bank Segera Turunkan Bunga Kredit)

Sementara empat bank besar lainnya, rata-rata menawarkan bunga deposito pada kisaran 4% hingga 5%.

Bank Mandiri misalnya, menawarkan bunga deposito pada kisaran 4,25% hingga 5,5%. Bunga deposito paling rendah diberikan untuk simpanan di bawah Rp 1 miliar dengan tenor 1 bulan dan 12 bulan, sedangkan bunga paling tingi diberikan untuk seluruh simpanan dengan tenor 3 bulan.

Senada, BNI juga menawarkan bunga deposito pada kisaran 4,25% hingga 5,5%. Bunga paling rendah diberikan untuk simpanan di bawah Rp 1 miliar dengan jangka waktu 1 bulan, sedangkan bunga paling tinggi diberikan untuk seluruh simpanan tenor 3 bulan.

(Baca: BI Turunkan Uang Muka KPR untuk Rumah Kedua dan Seterusnya)

Kemudian BRI, menetapkan bunga deposito berkisar antara 4,75% hingga 5,75%. Bunga deposito untuk tenor 1 bulan ditetapkan paling rendah sebesar 4,75%, sedangkan bunga sebesar 5,75% diberikan untuk simpanan di atas Rp 100 juta untuk tenor 3 tahun.

Sementara itu, BCA menetapkan bunga deposito berkisar 5% hingga 5,25%. Bunga 5% diberikan untuk simpanan di bawah Rp 2 miliar untuk seluruh tenor, serta simpanan di atas Rp 2 miliar untuk tenor 1 bulan dan 3 bulan. Sementara bunga sebesar 5,25% diberikan untuk simpanan di atas Rp 2 miliar dengan jangka waktu lebih panjang.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...