Promosi dan diskon besar-besaran ditawarkan ratusan e-commerce di hari belanja online nasional (Harbolnas) hingga 14 Desember. Mengusung tema Indonesia Online, semangat Harbolnas diharapkan dapat meningkatkan kualitas ekosistem industri e-commerce yang lebih merata di seluruh Indonesia.
(Baca: Harbolnas 2016, Dari Promo Hingga Nego dari 200 Toko Online)
Diadakan sejak 2012, Harbolnas terus mengalami pertumbuhan signifikan baik dari segi jumlah peseta maupun transaksi yang didapatkan. Pada 2016 setidaknya 211 toko online turut berpartisipasi. Adapun transaksi diharapkan naik 3 kali lipat dari Rp 2,1 triliun tahun lalu menjadi Rp 6 triliun.
(Baca: Rp 6 Triliun, Target Transaksi Hari Belanja Online)
Selain di Indonesia, hari belanja online juga dirayakan oleh beberapa negara di dunia dan bahkan dengan nilai transaksi yang jauh lebih besar. Di Amerika misalnya dikenal dengan Black Friday dan Cyber Monday yang transaksinya mencapai puluhan triliun rupiah. Adapun di Cina melalui Single’s Day, Alibaba Group bisa meraup hingga Rp 237 triliun.
(Baca: Ini Jumlah Uang yang Siap Dikucurkan Saat Hari Belanja Online)