Pandemi Corona Belum Reda, BCA Lakukan Penyesuaian Operasional

KATADATA |
Ilustrasi, anjungan tunai mandiri (ATM) milik PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Manajemen BCA memutuskan untuk melakukan penyesuaian operasional kantor cabang dan menhentikan sementara layanan weekend banking.
17/4/2020, 17.49 WIB

Merespons masih merebaknya pandemi virus corona atau Covid-19 serta pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSSB) di beberapa provinsi, PT Bank Cental Asia Tbk (BCA) memutuskan melakukan penyesuaian operasional.

Dalam siaran pers, Jumat (17/4), Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA, Hera F Haryn mengatakan, manajemen BCA mengambil kebijakan kembali melakukan penyesuaian operasional kantor cabang, berlaku mulai 20-30 April 2020.

BCA juga menghentikan sementara layanan perbankan akhir pekan hingga 10 Mei 2020. Nantinya, kebijakan penyesuaian operasional ini akan dievaluasi dan diperbaharui secara berkala, seiring dengan perubahan situasi ke depan.

“Nasabah BCA dapat memperoleh update terkait informasi buka/tutup sementara kantor cabang BCA pada situs https://www.bca.co.id/id/lokasi-bca/operasional,” kata Hera dalam siaran pers, Jumat (17/4).

Selain penyesuaian layanan kantor cabang, BCA juga telah melaksanakan protokol business continuity plan (BCP) dalam mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19 di seluruh Kantor Pusat dan Kantor Cabang.

Pelaksanaan protokol BCP tersebut antara lain, melakukan pengukuran suhu tubuh, sanitasi sarana dan infrastruktur, pengaturan physical distancing, menyediakan hand sanitizer, mengaktifkan metode pemisahan lokasi kerja dan kebijakan bekerja di rumah, serta melakukan penundaan kegiatan tatap muka yang melibatkan banyak orang.

(Baca: BCA Revisi Target Pertumbuhan Kredit Jadi 5-7% karena Terdampak Corona)

“Untuk transaksi, nasabah bisa menggunakan digital banking BCA melalui BCA mobile dan KlikBCA,” ujarnya.

Hera menambahkan, di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini, kontribusi utama BCA sebagai institusi perbankan adalah menjamin kebutuhan transaksi nasabah tetap dapat dilakukan dengan lancar, aman, dan nyaman.

Oleh karena itu BCA selalu mengimbau nasabah untuk memaksimalkan transaksi non-tunai melalui mobile banking dan internet banking, dengan memperhatikan instruksi pemerintah terkait physical distancing dan pemberlakuan PSBB.

Sebelumnya, BCA telah melakukan penyesuaian layanan operasional akhir Maret 2020, merespons imbauan pembatasan aktivitas untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Namun, saat itu kebijakan yang diterapkan adalah menutup sementara 30% kantor cabang di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Kini, penyesuaian layanan operasional kantor cabang BCA dilakukan di beberapa provinsi, tak hanya wilayah Jabodetabek saja. Bahkan, jika melihat informasi dalam situs resmi BCA, penutupan sementara layanan kantor cabang BCA telah diterapkan juga sampai Provinsi Papua.

(Baca: Cegah Penyebaran Corona, BCA Tutup Sementara Beberapa Kantor Cabang)

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah