Apa Itu Aceng, Slot, dan Hemat yang Dikeluhkan Ojol karena Bikin Tekor
Pengemudi ojol mengeluhkan program seperti argo goceng alias aceng, slot, hub, dan Hemat dalam unjuk rasa pada Selasa (20/5). Apa yang dimaksud dengan istilah-istilah ini?
“Kami meminta untuk menghapus skema GrabBike Hemat, slot, aceng di Gojek, skema hub di ShopeeFood, serta skema prioritas di Maxim, Lalamove, InDrive, Deliveree, Borzo dan lainnya,” demikian isi tuntutan pengemudi ojol yang tergabung dalam Serikat Pekerja Angkutan Indonesia alias SPAI dalam demo pada Selasa (20/5).
Apa Itu Aceng?
Aceng merujuk pada program Mitra GoFood Jarak Dekat Gojek. Program ini bersifat opsional, dan driver perlu mendaftar terlebih dulu jika ingin berpartisipasi.
Mitra pengemudi ojol Frengki Herawan menjelaskan pengemudi ojol hanya dibayar Rp 5.000 – Rp 7.000 untuk pengantaran makanan jika bergabung dalam program aceng.
Dikutip dari YouTube EdiGojekChannel, program Mitra GoFood Jarak Dekat adalah program bagi mitra menjalankan orderan khusus GoFood dengan jarak pengantaran yang lebih dekat dalam cakupan wilayah yang terbatas.
Program tersebut tersedia di beberapa lokasi, termasuk Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang dan Palembang. “Mitra hanya akan beroperasi di area operasional tertentu yang telah ditentukan sebelumnya,” demikian dikutip dari tangkapan layar alias screenshot yang diunggah oleh akun YouTube EdiGojekChannel, tahun lalu.
Berdasarkan gambar tersebut, jarak pengantaran sekitar tiga kilometer. Jaraknya akan dievaluasi secara berkala yang disesuaikan dengan kondisi jumlah order dan mitra pengemudi yang tersedia.
Jika driver ojol tidak berada di wilayah cakupan, maka dia tak akan bisa menerima order. Oleh karena itu, pengemudi ojek online juga menyebutnya dengan istilah slot, karena harus masuk ke area tertentu.
Pemilik akun YouTube itu mengatakan beberapa pengemudi ojol mengeluhkan jarak tempuh lebih dari tiga kilometer, namun uang yang diperoleh hanya Rp 5.000. Driver yang sudah mendaftar program itu, tidak bisa langsung membatalkan pendaftaran.
Untuk beralih dari akun GoFood Jarak Pendek ke reguler yakni saat perusahaan membuka pendaftaran baru. Pengemudi juga harus mengajukan pengunduran diri dari program ini dengan mengirimkan pesan ke email driversupport@gojek.com terlebih dulu sebelum mendaftar ke reguler.
“Catatan: pendaftaran mitra roda dua reguler tergantung pada apakah sedang ada pembukaan pendaftaran bagi mitra reguler atau tidak,” demikian dikutip.
Apakah aceng diatur di Kementerian Perhubungan alias Kemenhub? Jika merujuk Peraturan Menteri Komdigi Nomor 8 Tahun 2025 tentang Layanan Pos Komersial yang baru-baru ini dirilis, ciri-ciri layanan GoFood hingga GrabFood termasuk yang diatur.
Perusahaan layanan pos adalah penyedia jasa komunikasi tertulis dan/atau surat elektronik, layanan paket, logistik, transaksi keuangan, dan keagenan pos untuk kepentingan umum. Contoh perusahaan di bidang ini yakni Pos Indonesia, JNE, J&T Express, Tiki hingga SPX.
Katadata.co.id mengonfirmasi tentang masuk tidaknya layanan GrabExpress, GrabFood, GoSend, dan GoFood ke dalam Permen Komdigi Nomor 8 Tahun 2025 ke Kementerian Komdigi sejak akhir pekan lalu, namun belum ada tanggapan.
Jika termasuk yang diatur, maka program aceng berpotensi dibatasi maksimal tiga hari sebulan. Tarif setelah diskon juga tidak boleh di bawah biaya pokok yang meliputi biaya tenaga kerja, transportasi, aplikasi, teknologi, serta biaya yang muncul dari kerja sama penyediaan sarana dan prasarana, maupun kerja sama dengan pelaku usaha atau individu.
Apa Itu Slot Ojol?
Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan oleh mitra pengemudi ojol di YouTube, sistem slot GoRide ini mengarahkan driver untuk:
- Memilih lima area operasional yang tersedia sesuai dengan yang mitra inginkan
- Mendapatkan tambahan pendapatan
- Mendapatkan trip atau perjalanan dengan titik jemput dan titik antar di area operasional yang telah mitra pilih
"Mitra bisa membatalkan pilihan jadwal yang telah dipilih 60 menit sebelum jadwal operasional dimulai," demikian dikutip.
Akun YouTube Pemburu Orderan mengatakan, jika pengemudi ojol mengikuti program slot GoRide, maka hanya akan melayani layanan pengantaran orang. Jaraknya disesuaikan dengan wilayah yang dipilih.
"Yang saya dengar, pendapatan mengikuti yang minimum misalnya, di kota abang-abang drivers tarif minimum Rp 8.000, maka pendapatannya segitu," kata akun YouTube Pemburu Orderan.
"Program ini awalnya dibekali bonus misalnya, abang-abang menyelesaikan 24 perjalanan atau 95% order, maka akan mendapatkan Rp 150 ribu tambahan. Akan tetapi, abang-abang tahu sendiri lah, lambat laun akan bagaimana?" ia menambahkan.
Akun YouTube FS Santuy, slot pada Grab dibagi menjadi beberapa periode jam. “Anda hanya akan mendapatkan order hanya dalam zona pilihan,” demikian dikutip dari screenshot aplikasi Grab yang ditampilkan.
Pengemudi ojol bisa melepaskan jadwal atau shift. Dengan begitu, ada ‘slot’ pada jam tertentu di zona tersebut yang dapat diambil oleh driver lain.
“Tarif dasar Rp 6.600, shift jam sibuk dapat lima order. Saat jam 2 – 5, dapat empat order. Namun ternyata double order. Sudah main slot, digabung lagi. Akan tetapi, ini bisa berbeda tergantung wilayahnya ‘gacor’ atau tidak,” kata pemilik akun YouTube FS Santuy. “Ada teman yang hanya mendapatkan dua order dalam satu slot waktu.”
Mitra pengemudi ojol Grab Wawan juga bercerita mengenai program Slot. Jika bergabung dengan program ini, akun Reguler otomatis non-aktif. Begitu pun sebaliknya.
Dia membandingkan jumlah order di akun Slot dan Reguler. Hasilnya, jumlah pesanan saat ia mengaktifkan akun Reguler, lebih sedikit dibandingkan ketika memakai Slot.
Ia juga membandingkan tarif ojol di akun Reguler miliknya dengan Slot di aplikasi rekannya. Wawan mengetahui bahwa biaya aplikasi yang diambil aplikator lebih dari 50%.
“Konsumen membayar Rp 15 ribu, yang diterima teman saya hanya sekitar Rp 7.000 (berkurang 53,3%),” kata dia kepada Katadata.co.id, pada Februari (27/2).
Tantangan lainnya dalam menggunakan akun Slot yakni jarak tempuh pengemudi ojek online berpotensi jauh. Ia mencontohkan driver ojol yang memiliki akun Slot berdomisili di Jakarta Timur, dan ingin beroperasi di dekat rumah.
“Kalau slot di wilayah itu sudah penuh, maka driver ojol tersebut akan ‘dilempar’ ke wilayah lain seperti Bekasi,” ujar Wawan. Mitra pengemudi ojol lainnya Marhali menyampaikan cara kerja akun Slot di Gojek mirip dengan Grab.
“Akun Reguler dibuat ‘anyep’. Pernah sehari hanya menerima Rp 7 ribu (karena tidak memakai Slot),” katanya.
Katadata.co.id mengonfirmasi tentang aceng dan slot kepada Gojek dan Grab, namun belum ada tanggapan.
Apa Itu Akun Prioritas Maxim?
Akun YouTube Oki Rahman menyampaikan Maxim membuat program akun prioritas. Pengemudi ojol harus membeli jaket dan helm supaya akun masuk kategori prioritas.
Apa Itu Grab Hemat?
Pengemudi ojol yang berdemo hari ini (20/5) juga mengeluhkan Grab Hemat. Sama seperti aceng dan slot, program ini bersifat opsional.
Grab Hemat adalah istilah yang merujuk pada program Akses Hemat layanan GrabBike Hemat. Berdasarkan tangkapan layar atau screenshot yang dibagikan oleh mitra pengemudi ojol Grab, driver harus mendaftar terlebih dulu untuk mengikuti program ini.
Mitra pengemudi ojol Grab Gunawan menjelaskan dirinya berlangganan skema Grab Hemat. Driver yang berlangganan akan dikenakan biaya sebagai berikut:
Jumlah Order GrabBike Hemat (per hari) | Biaya Langganan |
0 | Gratis |
1 – 2 | Rp 3.000 |
3 – 4 | Rp 8.500 |
5 – 6 | Rp 13.500 |
7 – 9 | Rp 18.000 |
10 atau lebih | Rp 20.000 |
Biaya tersebut dikenakan pada hari berikutnya setelah mitra menyelesaikan order. Dana diambil dari Dompet Tunai Mitra pada hari kerja.
Biaya itu tidak termasuk dalam perhitungan yang diatur dalam Kepmenhub KP Nomor 1001 Tahun 2022, yang mengatur komisi maksimal 20%.
Kriteria mitra pengemudi yang dapat bergabung di program Akses Grab Hemat di antaranya:
- Mitra aktif dan menerima notifikasi penawaran
- Mendaftarkan diri pada formulir tertera dan berhasil terkualifikasi
- Wajib berkomitmen terhadap order dari Akses Hemat GrabBike Hemat Akses Hemat GrabBike Hemat akan terus berlanjut, kecuali mitra telah mengajukan pengunduran diri pada formulir terpisah
Gunawan bercerita, saat dirinya mematikan sistem Grab Hemat, order menjadi jauh lebih sedikit. “Ini berarti memaksa driver untuk menggunakan sistem ini,” kata dia kepada Katadata.co.id di sela-sela aksi demo ojek online, di Patung Kuda Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Selasa (20/5).
Aceng, slot hingga Grab Hemat merupakan hal yang dikeluhkan oleh para pengemudi ojol dan taksi online yang akan berunjuk rasa pada hari ini. Menteri Perhubungan atau Menhub Dudy Purwagandhi tidak membahas hal ini dalam pertemuan dengan para aplikator, seperti Gojek, Grab, Maxim dan InDrive pada Senin (19/5).