Jelang Natal & Tahun Baru, Ini Daftar 15 MaI yang Gelar Pesta Diskon

ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
Pengunjung memilih produk pakaian yang ditawarkan dengan diskon di sebuah mal di Yogyakarta, Minggu (8/12/2019). Asosiasi Pengelola Pusat Belanja mencatat ada sekitar 15 mal atau pusat perbelanjaan di Jakarta yang menggelar pesta diskon atau midnight sale hingga akhir tahun.
Penulis: Ekarina
21/12/2019, 13.29 WIB

Kemeriahan momentum akhir tahun selalu dinanti masyarakat. Tak hanya untuk berlibur, tetapi juga berburu diskon untuk pecinta belanja. Sebab, banyak pusat perbelanjaan yang menggelar berbagai promo menarik dan potongan harga untuk menarik pengunjung.

Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DPD DKI mengumumkan, menyambut Natal 2019 dana Tahun Baru, setidaknya ada sekitar 15 mal di Jakarta yang menggelar pesta diskon atau midnight sale.

(Baca: Pengusaha Mal Target Penjualan Retail Naik 50% Natal dan Tahun Baru)

Acara tersebut digelar sejak 13 hingga 31 Desember 2019. Berikut adalah jadwal mal yang menyelenggarakan pesta diskon menjelang akhir tahun:

Jumat, 13 Desember 2019:
Grand Indonesia

Sabtu, 14 Desember 2019
Central Park & Neo Soho Mall
Emporium Pluit Mall
Grand Indonesia
Lippo Mall Puri
Mall of Indonesia
PIK Avenue
Senayan City
Summarecon Mall Kelapa Gading

Minggu, 15 Desember
Central Park Mall & Neo Soho Mall
Emporium Pluit Mall
Senayan City

Jumat, 20 Desember
Kuningan City (Midday Maddness Sale 12.00-20.00 WIB)
Lotte Shopping Avenue
Mall of Indonesia
Mal Kelapa Gading
PIK Avenue

Sabtu, 21 Desember
Kuningan City (Midday Maddness Sale 12.00-20.00 WIB)

Minggu 22 Desember
Kuningan City (Midday Maddness Sale 12.00-20.00 WIB)

Selasa, 24 Desember
Lotte Shopping Avenue
Plaza Indonesia

Rabu, 25 Des
Plaza Indonesia

Rabu-Kamis 25 dan 26 Desember
Kota Kasablanka (Long weekend Sale 10.00-22.00)

Jumat, 27 Desember
Lotte Shopping Avenue

Sabtu 28 Desember
AEON Mall Jakarta Garden City
Lotte Shopping Aveue

Selasa 31 Desember
AEON Mall Jakarta Garden City
Lippo Mall Puri
PIK Avenue

Berdasarkan pantauan Katadata.co.id di mal Kuningan City, Jakarta pada Jumat (20/12) malam, pusat belanja tersebut cukup ramai. 

Salah satu staf gerai sepatu merek Eropa yang kami kunjungi menyebutkan, antusiasme pengunjung cukup besar dengan beragam diskon yang ditawarkan.

"Kami memberi diskon 70% untuk sepatu dan 50+30% untuk baju dan celana tapi belum memang peningkatan (penjualannya) belum signifikan," kata Ikbal salah satu staf penjualan produk fesyen Antoni Morato di mal Kuningan City, Jakarta Selatan, Jumat (20/12) malam.

(Baca: Tips Mengelola Kembali Keuangan usai Tabungan Menipis akibat Harbolnas)

Ia menjelaskan, produk sepatu yang dijual merupakan produk original dari Italia dengan kisaran harga di atas Rp 1 juta.

"Kadang karena pembelinya justru membludak di hari biasa," kata dia.

Lain halnya dengan produk kosmetik. Salah seorang penjaga toko di gerai yang kami sambangi menyatakan terdapat lonjakan pembelian saat pesta diskon ini digelar. Gerai ini memberikan promo diskon 40% dan buy 2 get 1 untuk produk kosmetik tertentu.

"Kalau Natal omzetnya sangat jauh meningkat. Bisa dua kali lipat," kata Beauty Advisor Borjuis Paris, Doriza.

(Baca: Transaksi Shopee & Lazada Melonjak Drastis Pada Pesta Diskon 11.11)

Menurut dia, produk kosmetik yang paling laris diserbu pembeli yaitu lipstik. Dengan adanya promo, penjualan di gerai ini meningkat 20-30 pieces per hari.

Tak mau ketinggalan, produk makanan minuman juga menyemarakkan kegiatan midday sale di mal ini yang dimulai sejak pukul 11.00 - 18.00.  Promosi ditawarkan untuk jenis gerai makanan minuman ini yaitu beli satu gratis satu.

"Dibandingkan minggu lalu naik, rata-rata sekitar 30-50 cup," kata barista Maxx Coffee, Revandito.

Ia menambahkan, program ini baru diikuti perusahaannya kali pertama. Sehingga belum dapat membandingkan peningkatan omzet. Meski begitu, tercatat ada kenaikan penjualan dibandingkan minggu sebelumnya.

"Kami bisa dibandingan, tapi kalau minggu ini sangat membantu penjualan," kata dia.

 Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Perbelanjaan Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja sebelumnya mengatakan menjelang Natal dan Tahun Baru, pusat perbelanjaan selalu ramai dikunjungi masyarakat. Tak hanya di kota-kota besar, tetapi juga beberapa pusat belanja di daerah. 

“Peningkatan penjualannya bisa sekitar 30-50% apalagi banyak mal di daerah juga ramai,” kata Alphonzus saat dihubungi Katadata.co.id, Jumat (20/12)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto