Suzuki Perkuat Jaringan Servis Purna Jual dengan Bengkel Umum

Arief Kamaludin|KATADATA
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Presiden Komisaris PT Indomobil Sukses International Subronto Laras meninjau stand pamer Suzuki pada acara GIIAS 2017 di Tangerang, Banten, Kamis (10/08).
Penulis: Padjar Iswara
20/8/2017, 14.18 WIB

Katadata - Guna memperkuat jaringan servis purna jual di daerah-daerah, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menjalain kerja sama dengan pemilik bengkel umum untuk menjadi anggota jaringan bengkel Mitra Suzuki.

“Kami melihat potensi Bengkel Mitra Suzuki sebagai bagian dalam memberikan pelayanan terbaik para konsumen pemilik mobil dan motor Suzuki, bisa dikatakan juga ini adalah sistem “jemput bola” kami untuk memudahkan konsumen mendapatkan servis purna jual dalam jangkauan area yang lebih luas,” kata Riecky Patrayudha Head of Service PT SIS, dalam jumpa pers di booth Suzuki, Jumat (18/8/2017).

Peluang kerja sama ini akan memungkinkan bengkel umum untuk memiliki kecakapan lebih dalam menangani berbagai produk Suzuki, sebagai hasil dari pelatihan-pelatihan yang disiapkan bagi setiap Bengkel Mitra Suzuki.

“Ini sekaligus memberikan kesempatan peningkatan bisnis bagi bengkel-bengkel umum, karena mereka bisa memiliki teknisi terampil, perlengkapan yang lebih memadai, ketersediaan spare part asli bergaransi serta reputasi sebagai bengkel terpercaya,” ujarnya.

Pelatihan yang diberikan kepada bengkel umum sebagai bengkel mitra Suzuki akan meningkatkan pengetahuan mekanik terhadap produk baru, seperti penggantian kopling atau timing belt, juga kemampuan untuk perbaikan besar, seperti bongkar mesin secara menyeluruh.

“Kami melakukan penyeleksian dengan mengedepankan komitmen kerja sama antara pemilik Bengkel Mitra & Main Dealer wilayah,” tuturnya Riecky.

Adapun syarat-syarat yang ditetapkan bagi bengkel umum yang ingin bermitra dengan Suzuki, di anataranya mempunyai lokasi strategis, memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), memiliki jumlah minimal stall kerja dan teknisi, memiliki alat kerja yang layak, serta siap mengikuti pelatihan yang ditentukan.

Hingga saat ini terdapat total 328 Bengkel Mitra Suzuki yang tersebar di Indonesia, yang terbagi dalam bengkel mitra Suzuki Roda Empat sebanyak 122 lokasi yang berada di Sumatera dengan jumlah 43 bengkel, di Sulawesi sebanyak 13 bengkel, 41 bengkel di Jawa, 11 bengkel di wilayah Bali/NTB/NTT, 12 bengkel di Kalimantan, serta dua bengkel untuk Indonesia Bagian Timur.

Adapun untuk bengkel mitra Suzuki Roda Dua, saat ini sudah mempunyai 206 lokasi bengkel mitra Suzuki, dengan penyebaran berada di wilayah Sumatera sebanyak 43 bengkel, Jawa sebanyak 156 bengkel dan Bal/NTB/NTT sebanyak 7 bengkel.

Bengkel mitra Suzuki juga diklaim menjadi opsi untuk membangun kerja sama antara pengusaha lokal dengan main dealer untuk pengembangan potensi pasar otomotif.

Dengan keberadaan Bengkel Mitra Suzuki, konsumen akan mendapatkan pelayanan untuk servis, perawatan berkala yang meliputi penggantian busi, oli mesin, oli transmisi, rem, serta pembersihan injektor/karburator.