Lampaui Induknya, Indofood CBP Cetak Kenaikan Laba Bersih 20,5%

Ihya Ulum Aldin
22 Maret 2019, 12:58
Indofood
Arief Kamaludin/Katada
PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mencatatkan laba bersih Rp 4,58 triliun pada 2018 atau naik 20,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) mencatatkan laba bersih Rp 4,58 triliun pada 2018 atau naik 20,5% dibandingkan tahun sebelumnya.

Perusahaan yang memproduksi merk dagang Indomie ini membukukan kenaikan laba usaha 23,5% menjadi Rp 6,45 triliun. Dengan capaian tersebut, margin laba usahanya naik menjadi 16,8% dari tahun sebelumnya 14,7%.

Penjualan bersih perusahaan tahun lalu, secara konsolidasi naik hingga 7,9% dari Rp 35,61 triliun di 2017 menjadi Rp 38,41 triliun pada 2018. Beban pokok penjualan perusahaan ikut meningkat 6,5% dari Rp 24,54 triliun menjadi Rp 26,14 triliun.

(Baca: Rintis Kerja Sama dengan Aljazair, Indofood Disebut Akan Bangun Pabrik)

Direktur Utama Indofood CBP Anthoni Salim mengatakan, kinerja perusahaan sangat baik dengan mencatatatkan pertumbuhan laba per saham yang tinggi dari Rp 326 per saham menjadi Rp 392 per saham. Padahal, tingkat permintaan atas produk-produk fast moving consumer goods (FMCG) tidak mengalami banyak perubahan.

"Memasuki 2019, industri FMCG di Indonesia diharapkan akan tumbuh seiring dengan meningkatnya perekonomian," kata Anthoni dalam keterangan resmi yang diunggah dalam keterbukaan informasi, Jumat (22/3).

(Baca: Tambah Kapasitas Pabrik, Indofood Siapkan Belanja Modal Rp 9,1 Triliun)

Namun, menurut Anthoni, tingkat persaingan perusahaan sejenis akan ketat. Karena itu, Indofood CBP akan fokus memperkuat kehadirannya di pasar agar dapat meningkatkan daya saing. "Kami juga mengembangkan merek-merek Indofood CBP agar tetap relevan dengan konsumen," kata Anthoni.

Pencapaian Indofood CBP tahun lalu lebih cemerlang ketimbang induknya, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. (INDF). Indofood Sukses Makmur mencatatkan pertumbuhan laba bersih yang kecil, hanya 0,23% dari Rp 4,15 triliun menjadi Rp 4,16 triliun. Pendapatannya juga tercatat tumbuh tipis 4,57% dari Rp 70,18 triliun menjadi Rp 73,39 triliun pada 2018.

Indofood CBP akuisisi saham Nestle

Indofood CBP tahun lalu mengakuisisi seluruh saham Nestle SA dalam perusahaan patungan di bidang produksi dan distribusi makanan, PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia (NICI), senilai Rp 314 miliar.

Seluruh transaksi akan memakai kas internal perusahaan. Corporate Secretary Indofood CBP Gideon A Putranto menuturkan pada September lalu, Indofood CBP setuju membeli saham Nestle di NICI sebanyak 100 ribu lembar atau setara 50% total saham.

NICI sekarang menjadi anak perusahaan Indofood dengan kepemilikan saham sebesar 99,99%. Perusahaan ini memproduksi aneka bumbu masak, seperti Indofood Bumbu Racik, Indofood Kecap Manis, Indofood Sambal, dan Maggi.

Reporter: Ihya Ulum Aldin
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...