10 Tagar Viral di Instagram Saat Ramadan, Facebook: UMKM Bisa Promosi

Image title
21 April 2020, 13:18
10 Tagar Viral di Instagram Saat Ramadan, Facebook: UMKM Bisa Promosi
alexey malkin|123RF.com
Ilustrasi, ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Pandemi corona memukul pendapatan sebagian pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Facebook menyebutkan ada 10 tagar (hashtag) yang paling banyak dicari di Instagram saat ramadan atau menjelang lebaran, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mempromosikan produknya.

Tagar tersebut di antaranya #lebaran, #gamis,  #dirumahaja, #hijab, #bajulebaran, #syari, #mukenacantik, #bajumuslim, #alwahijab, dan #bajumurah. Daftar ini berdasarkan catatan Facebook selama ramadan dan lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

Communications Manager Instagram Asia-Pacific Putri Silalahi mengatakan, busana merupakan produk yang paling banyak dicari menjelang lebaran. “Ini peluang besar bagi teman-teman pelaku bisnis dan UMKM. Hashtag ini bisa dipakai saat membuat unggahan atau menjadi dasar saat membuat strategi promosi terkait Hari Raya," katanya saat video conference, Selasa (21/4).

(Baca: UMKM Bertahan, Pandemi Corona Ciptakan Tren Baru di Bisnis Kuliner)

Apalagi, Instagram bakal menggelar bazaar virtual saat ramadan. Induk perusahaan, Facebook juga mengalokasikan US$ 100 juta untuk membantu 30 ribu UMKM di seluruh dunia yang terdampak pandemi virus corona.

"Kami akan mulai (alokasi bantuan untuk UMKM) di lebih dari 30 negara di mana kami beroperasi, termasuk Indonesia," ujar Country Director Facebook Indonesia Peter Lydian.

Perusahaan juga berencana menggelar program #RamadanBareng bersama para kreator dan stasiun televisi. Mereka akan membuat konten seperti acara musik, memasak hingga siraman rohani selama ramadan.

(Baca: Efek Corona, Tren Belanja Produk di E-commerce Berubah saat Ramadan)

Facebook juga bakal menghadirkan kembali program pelatihan bisnis Akademi Instagram yang diadakan secara virtual bersama startup komunitas kreatif Kreavi. Kurikulumnya bakal disesuaikan dengan kebutuhan pebisnis di tengah pandemi Covid-19, termasuk tips menjaga interaksi dan komunikasi dengan pelanggan.

Selain itu, kata kunci (keyword) donasi di Instagram meningkat 300% menjelang ramadan. Karena itu, perusahaan bakal menggelar serial IG Live Ngabuburit selama tujuh hari selama 27 April  sampai  3 Mei.

Instagram bekerja sama dengan beberapa selebriti Tanah Air untuk berbagi ide kegiatan ngabuburit seru selama #dirumahaja. Selain itu, mereka akan mengajak pengikutnya (followers) untuk berdonasi membantu para tenaga medis.

(Baca: Efek Corona, 4 Produk Ini Lebih Diminati Ketimbang Baju Jelang Ramadan)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...