Rekor, Shopee Raih 1,2 Juta Lebih Transaksi dalam Satu Jam Harbolnas

Desy Setyowati
12 Desember 2019, 08:45
shopee catat 1,2 juta transaksi dalam satu jam pertama pesta diskon 12.12 atau harbolnas
Shopee
Petugas Shopee saat mengantarkan pesanan pertama saat pesta diskon 12.12 atau harbolnas dalam 53 menit setelah pemesanan.

Shopee mencatatkan lebih dari 1,2 juta barang terjual selama sejam pertama penyelenggaraan hari belanja online nasional (Harbolnas) atau pesta diskon 12.12. Perusahaan e-commerce asal Singapura ini mengklaim, kembali mencetak rekor dibanding festival belanja sebelumnya.

Selain transaksi, Shopee mengirimkan pesanan pertama pesta diskon 12.12 dalam kurun waktu 53 menit. “Kami berusaha semaksimal mungkin untuk mengantisipasi lonjakan pemesanan dengan melakukan proses pengiriman lebih cepat,” kata Direktur Shopee Indonesi Christin Djuarto dalam siaran pers, hari ini (12/12).

Christin menyebutkan, pada harbolnas kali ini, Xiaomi Redmi Note 8 Pro terjual habis dalam enam menit. Ia mengatakan, ketiga pencapaian itu merupakan rekor baru perusahaannya dibanding festival belanja sebelumnya.

“Dari indikasi awal di satu jam pertama ini, kami optimistis performa Shopee 12.12 Birthday sale tahun ini akan lebih baik dibandingkan dengan 2018,” kata dia. Pada tahun lalu, Shopee mencatatkan 12 juta transaksi dalam sehari.

(Baca: Gaet Didi Kempot, Shopee Target 12 Juta Lebih Transaksi Saat Harbolnas)

Pembeli pertama pada Shopee 12.12 Birthday Sale Ajeng Pratiwi mengaku kaget, karena pampers yang ia pesan pada pukul 00.00 sampai pada jam yang sama. “Saya kaget tengah malam ada orang yang hantar paket belanja yang baru saya pesan,” kata dia.

Pada pesta diskon 12.12 kali ini, Shopee menawarkan selusin promosi. Di antaranya gratis ongkir tanpa minimum pembelian, hadiah Toyota Innova Venturer, midnight cashback hingga 120%, midnight elektronik sale, midnight fashion sale, midnight beauty sale, midnight supermarket sale, midnight launch, Shopee Tangkap 120 Juta, uang kembali (cashback) ulsa, tagihan, dan voucher gim 90%, voucher makanan Rp 12 ribu, dan flash sale. 

Shopee pun menggaet penyanyi Didi Prasetyo atau Didi Kempot sebagai duta merek (brand ambassador). Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja mengatakan, perusahaannya ingin merepresentasikan keanekaragaman budaya Indonesia lewat program bernuansa lokal.

(Baca: Lazada, Bukalapak, Shopee dan GoPay Beri Diskon Harbolnas hingga 99%)

Pemilihan Didi Kempot sebagai brand ambassador merupakan bagian dari upaya tersebut. "Mas Didi ini pengaruhnya juga cukup besar," kata Dhika di Jakarta, beberapa waktu lalu (6/12).

Didi Kempot telah menciptakan sekitar 800 lagu. Beberapa di antaranya Stasiun Balapan, Cidro, Sewu Kuto, Suket Teki, Pamer Bojo, Banyu Langit, Pantai Klayar, dan Layang Kangen.

Pria kelahiran 1966 itu menilai, kebijakan Shopee memilih dirinya sebagai duta merek menunjukkan bahwa penyanyi tradisional masih diminati. "Ternyata tidak dibeda-bedakan. Shopee membuat kami seniman tradisional tidak berkecil hati," kata Didi.

(Baca: Ada Mitra Baru, Target Harbolnas 2019 Melejit Jadi Rp 8 Triliun)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...