E-Commerce Terus Incar Slot Iklan Televisi

Michael Reily
3 Februari 2018, 06:00
Tokopedia
Dok: Tokopedia

Perusahaan perdagangan berbasis elektronik atau e-commerce secara konsisten beriklan di televisi. Dalam tiga tahun terakhir, survei Nielsen Indonesia mencatat, e-commerce selalu masuk dalam daftar 10 perusahaan dengan budget iklan terbesar.

“Misalnya 4 tahun lalu Bukalapak, sekarang kita lihat Traveloka,”kata Direktur Eksekutif Media Nielsen Indonesia, Hellen Katherina di kantornya, Kamis (1/2) lalu.

Helen menjelaskan, e-commerce beriklan di televisi untuk mengejar potensi pasar dari masyarakat yang belum menggunakan ponsel pintar. “Jadi wajar e-commerce beriklan di media yang jangkauannya lebih besar,” kata Hellen.

Menurutnya, jumlah pengguna ponsel pintar baru mencapai 42% dari total populasi penduduk Indonesia. Sedangkan, pengguna televisi untuk mencari informasi di Indonesia prosentasenya mencapai 98% dari total populasi penduduk.

(Baca juga: Salip Indomie, Meikarta dan Traveloka Pemasang Iklan Terbesar 2017)

Data Nielsen Indonesia, pada 2015, Traveloka dan Tokopedia menjadi kontributor ketiga dan keempat terbesar dalam belanja iklan televisi dengan nilai masing-masing Rp 697 miliar dan Rp 625 miliar. Belanja iklan tahunan keduanya tumbuh signifikan, yaitu Traveloka dengan 187% dan Tokopedia sebesar 1.611%.

Tahun 2016, Traveloka menduduki peringkat ketiga untuk pengiklan terbesar total belanja iklan sebesar Rp 688 miliar. Nilai belanjanya turun 1,29% dibandingkan 2015.

Sementara, tahun lalu, Nielsen mencatat Traveloka naik tingkat ke posisi dua di bawah Meikarta sebagai pengiklan terbesar. Nilai belanja iklan Traveloka sebesar Rp 1,1 triliun, naik 65%. Sementara Meikarta kokoh di puncak dengan total belanja mencapai Rp 1,5 triliun.

(Baca juga: Nielsen: Piala Dunia Tingkatkan Belanja Iklan Televisi)

Reporter: Michael Reily
Editor: Pingit Aria

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...