Menko PMK: RS Khusus Corona di Pulau Galang Siap Digunakan Akhir Maret

Image title
9 Maret 2020, 16:35
Menko PMK: RS Khusus Corona di Pulau Galang Siap Digunakan Akhir Maret.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memperkirakan rumah sakit khusus pasien corona di Pulang Galang bisa digunakan akhir Maret 2020. RS tersebut telah dipersiapkan untuk menangani pasien yang terdampak wabah virus corona.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Pemerintah memastikan rumah sakit khusus untuk menangani pasien virus corona (Covid-19) di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau siap untuk digunakan akhir Maret 2020. Hal tersebut sesuai dengan instruksi Presiden kepada Panglima TNI untuk menyelesaikan dalam kurun waktu dua pekan.

"Fasilitas sudah ada, tinggal ditingkatkan saja," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di kantornya, Jakarta, Senin (9/3).

(Baca: Jokowi Targetkan Renovasi RS Corona Pulau Galang Rampung Sebulan )

Menurutnya, rumah sakit tersebut disiapkan untuk mengantisipasi penyebaran wabah corona. Fasilitas tersebut juga akan menjadi sarana cadangan selain dua tempat observasi corona yang telah disediakan, yaitu di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu dan Pulau Natuna, Kepulauan Riau.

Nantinya, tenaga medis akan ditangani oleh Dinas Kesehatan TNI. Renovasi bangunan di pulau tersebut juga tengah ditangani oleh Panglima TNI.

(Baca: Pekan Depan, Jokowi Akan Gelar Ratas RS Virus Corona Pulau Galang)

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono  mengatakan proses renovasi fasilitas kesehatan di Pulau Galang mulai dilakukan Rabu (4/3) lalu. Fasitas tersebut dinilai penting di tengah semakin mewabahnya virus corona.

Adapun pemilihan lokasi di kawasan tersebut didasarkan pertimbangan akses transportasi yang mudah. “Kalau di Pulau Sebaru ada ombak besar itu susah (keluar-masuk),” ucap Basuki.

Pulau Galang sebelumnya diketahui sebagai tempat pengungsian para warga Vietnam pascaperang saudara 1979-1997. Mereka pergi dari negaranya akibat perang saudara dan tinggal di wilayah seluas 80 hektare tersebut.

Tercatat ada sejumlah fasilitas di pulau itu, seperti barak pengungsian, tempat ibadah, rumah sakit, dan sekolah yang dapat menampung sekitar 250 ribu orang. Adapun rumah sakit khusus pasien virus corona yang tengah disiapkan rencananya bakal menggunakan gedung lama fasilitas kesehatan di sana.

(Baca: RS Corona di Pulau Eks Kamp Pengungsi)

Oleh karena itu, lokasi tersebut dianggap memiliki fasilitas yang memadai, baik dari ketersediaan air dan listrik. Akses transportasinya pun mudah, hanya sekitar satu setengah jam dari Bandara Hang Nadim, Batam.

Selain rumah sakit di Pulau Galang, pemerintah telah menyiapkan seratus rumah sakit rujukan di 31 provinsi untuk penanganan Covid-19. Rinciannya yaitu 29 unit di Sumatera, 32 unit di Jawa, 9 unit di Bali dan Nusa Tenggara, 13 unit di Kalimantan, 14 unit di Sulawesi, serta 3 unit di Maluku dan Papua.

Reporter: Rizky Alika
Editor: Ekarina

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...