Hanya Donasikan Rp 9,5 M untuk Kebakaran Australia, Bos Amazon Dibully

Instagram/@jeffbezos
Pendiri Amazon, Jeff Bezos. Warganet membully Bos Amazon lantaran hanya mendonasikan Rp 9,5 miliar untuk kebakaran di Australia.
14/1/2020, 11.18 WIB

Warganet dunia mem-bully bos Amazon Jeff Bezos yang hanya memberikan sumbangan atau donasi sebesar AU$ 1 juta atau setara US$ 690.000, sekitar Rp 9,5 miliar (kurs Rp 13.650 per US$), untuk korban bencana kebakaran hutan dan semak-semak di Australia.

Dilansir dari CNBC International, warganet menilai nominal uang yang didonasikan oleh bos situs e-commerce terbesar di dunia itu tidak sepadan dengan jumlah kekayaannya yang menurut Forbes mencapai US$ 116,7 miliar atau lebih dari Rp 1.600 triliun.

"Hati kami ditujukan kepada semua warga Australia saat mereka mengatasi kebakaran hutan yang dahsyat ini. Amazon mendonasikan 1 juta dolar Australia untuk seluruh layanan dan kebutuhan korban," dikutip dari laman instagram @jeffbezos, Senin (13/1).

Padahal, seperti dilansir Business Insider 2019, Bezos menghasilkan hampir US$ 9 juta per jam pada 2018. Amazon pun memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 930 miliar.

(Foto: Bara dan Asap Menyapu Sebagian Australia)

"Jeff Bezos menghasilkan US$ 149.340 per menit. Jadi dia secara efektif menyumbangkan 4,6 menit waktunya. Apabila dia menyumbangkan apa yang dia hasilkan dalam sehari, itu akan menjadi US$ 215 juta, dan itu pun masih belum cukup," ujar akun Reina Sultan @SultanReina di Twitter.

"Jeff Bezos memiliki kekayaan US$ 116 miliar. Ini (donasi US$ 690.000) adalah sekitar 0,00059% dari kekayaannya. Jika Anda memiliki US$ 50.000, ini setara dengan menyumbang kurang dari US$ 30. Dan (Bezos) jadi berita utama untuk (donasinya) itu," ujar akun twitter Brian Merchant @bcmerchant.

Sementara itu akun Peter Daou @peterdaou mengatakan, "(US$ 690 ribu) ini adalah jumlah uang yang dihasilkan #JeffBezos dalam 3 menit".

Tidak hanya itu, warganet pun membandingkan donasi konglomerat asal AS ini dengan tokoh ternama lainnya yang memberikan donasi dengan nominal lebih besar dari 'kantong'-nya sendiri walaupun total kekayaannya tak sebanding dengan yang dimiliki Bezos.

(Video: Fenomena Lembayung di Langit Australia)

Seperti bintang Marvel Avengers dan Thor berkewarganegaraan Australia, Chris Hemsworth, yang menyumbangkan uang dengan jumlah yang sama dengan Amazon meski total kekayaannya 'hanya' US$ 76 juta. Sedangkan, penyanyi Pink, yang menurut Forbes memiliki kekayaan US$ 57 juta mendonasikan US$ 500 ribu.

Kemudian, milyader Kylie Jenner mendonasikan US$ 1 juta, lalu aktris Bette Midler menyamai donasi Pink, dan band rock Metallica memberi lebih dari US$ 500 ribu.

Adapun Chief Executive Officer (CEO) raksasa teknologi Apple dan Google juga secara terbuka merespons krisis yang terjadi di Australia. CEO Alphabet Sundar Pichai mengatakan di Twitter pada pekan lalu bahwa melihat kebakaran di Australia sangat meremukkan hati dan menyampaikan bahwa Google akan memberikan donasi untuk mendukung upaya bantuan.

Senada, CEO Apple Tim Cook melalui Twitternya juga menyampaikan akan memberikan donasi. Hanya, baik Pichai maupun Cook tidak mengungkapkan berapa nominal donasi yang mereka berikan.

"Hati kami bersama dengan orang-orang yang terkena dampak kebakaran hutan Australia dan dengan pasukan sukarelawan yang berani memerangi api yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh negeri - semoga tetap selamat. Apple akan memberika donasi untuk mendukung upaya bantuan," kata Cook dalam Twitternya @tim_cook.

(Baca: Saingi SpaceX dan Amazon, Apple Kembangkan Satelit)

Reporter: Cindy Mutia Annur