Setyanto Hantoro Jadi Bos Baru Telkomsel Gantikan Emma Sri Martini

Telkomsel
Dirut Telkomsel Setyanto Hantoro yang menggantikan Emma Sri Martini.
Editor: Yuliawati
13/1/2020, 13.54 WIB

Para pemegang saham PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) resmi mengangkat Setyanto Hantoro sebagai direktur utama. Setyanto menggantikan Emma Sri Martini yang ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir menjadi Direktur Keuangan Pertamina sejak November 2019.

"PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom Indonesia) dan Singapore Telecommunications Ltd (SingTel) selaku pemegang saham mengangkat Setyanto Hantoro sebagai Direktur Utama Telkomsel," kata VP Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (13/1).

(Baca: Ini Profil Emma Sri Martini, Direktur Keuangan Pertamina yang Baru)

Para pemegang saham Telkomsel juga juga mengangkat Venusiana Papasi sebagai Direktur Network Telkomsel. Denny menyatakan pengangkatan Venusiana sesuai dengan strategi perusahaan dalam melanjutkan transformasi perusahaan menjadi perusahaan telekomunikasi digital (telco digital company).

Setyanto, 47 tahun, sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Multimedia Nusantara (TelkomMetra) sejak November 2019. Ia juga memegang sejumlah jabatan di Telkom Group antara lain sebagai Komisaris di PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) sejak 2019 hingga sekarang dan PT Jalin Pembayaran Nusantara (JALIN) sejak 2017 hingga sekarang.

(Baca: Layanannya Masih Diblokir Telkom, Netflix: Kami Terus Negosiasi)

Setyanto juga menjabat sebagai Komite Investasi di PT Metra Digital Investama (MDI) sejak 2016 hingga sekarnag.  Sebelumnya, ia berkarier di Telkom dan telah dipercaya menduduki sejumlah posisi strategis antara lain EVP Strategic Investment, VP Strategic Investment Execution, dan AVP Business Portofolio and Financial Planning, dan AVP Business and Financial Analysis.

Pria ini mendapatkan gelar S1 Teknik Industri dari Sekolah Tinggi Teknologi Telkom pada 1995 dan S2 Magister Mangement dari Sekolah Tinggi Management Bandung pada 2003.

Selain Setyanto, berikut susunan lengkap Direksi Telkomsel:

Direktur Utama : Setyanto Hantoro
Direktur Sales : Ririn Widaryani
Direktur Finance : Heri Supriadi
Direktur HCM : Irfan A. Tachrir
Direktur Network : Venusiana Papasi
Direktur Planning & Transformation : Edward Ying
Direktur Information Technology : Bharat Alva
Direktur Marketing : Rachel Goh