Asensi Gandeng 3 Perusahaan untuk Mendukung Eksistensi Merek Lokal

Katadata
Penulis: Tim Publikasi Katadata - Tim Publikasi Katadata
30/4/2020, 15.22 WIB

Asosiasi Lisensi Indonesia (Asensi) bersama Tada platform retensi konsumen yang merupakan member prioritas Asensi, Gojek, dan Moka menggalang dukungan agar merek-merek lokal tetap mempertahankan eksistensinya di tengah pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini.

Dukungan tersebut duwujudkan dalam tagar #supportlocalbrandsid. Melalui gerakan ini, baik konsumen dan pemilik bisnis sama-sama memperoleh manfaat. Konsumen dapat membeli lebih awal kupon dari ratusan merek lokal. Kupon ini nantinya bisa digunakan saat layanan tersedia atau bisnis buka kembali. Sementara itu, para pemilik bisnis dapat mempertahankan usahanya dengan adanya pemasukan dari hasil penjualan kupon ini.

“Ide untuk membentuk gerakan ini datang setelah mendengar keluhan para pemilik usaha lokal di masa pandemi ini. Bersama dengan Gojek dan Moka, kami mengerahkan sumber daya yang kami punya untuk membantu para pemilik usaha untuk mempertahankan sumber pendapatan dengan menginisiasi platform supportlocalbrandsID yang menyediakan kupon dari berbagai merek lokal agar dapat diakses oleh masyarakat luas,” kata Managing Director Tada, Antonius Taufan selaku inisiator gerakan ini, Kamis (30/4/2020).

Ketua Asensi, Susanty Widjaya mengatakan, keterlibatan Asensi sebagai asosiasi yang anggotanya mayoritas merek-merek lokal menunjukkan kepedulian untuk mendukung merek lokal dan eksistensi anggota serta memberikan tambahan cashflow.

“Kami harapkan anggota dan sahabat Asensi bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan sebaik mungkin,” kata Susanty Widjaya.

Berkat kesamaan visi dan misi, dalam wabah Covid-19 ini Asensi bergabung dengan Gerakan SupportLocalBrandsID dengan dukungan penuh yang diberikan untuk anggota Asensi di berbagai sektor antara lain fashion, kecantikan, hiburan, kesehatan, restauran, serta kebutuhan rumah tangga lainnya.

“Dengan adanya wabah Covid-19 dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah tidak bisa kita pungkiri bahwa sebenarnya dampaknya bagi para pelaku usaha atau pemilik bisnis itu sangat terasa. Tetapi bukan berarti kita tinggal diam dan pasrah, kita harus kreaktif, tetap semangat dan berusaha bisa bertahan, maka Asensi mencoba untuk menginisiasi bahwa ada alternatif positif yang bisa dimanfaatkan dalam kondisi sulit ini,” tegas Susanty.

Susanty mengakui bahwa mempertahankan eksistensi pelaku usaha bukanlah perkara mudah ditengah kondisi yang baru ini. Namun dengan bahu membahu saling bergandengan tangan bersama, maka semua masalah akan terasa lebih ringan.

“Kita tetap harus semangat dan berusaha semaksimal mungkin untuk menjaga eksistensi, tetapi Asensi tidak bisa sendiri. Butuh dukungan semua pihak, karena Covid-19 bukan saja tanggung jawab pemerintah tetapi tanggung jawab kita semua sebagai warga negara Indonesia, oleh karena itu mari kita bersama-sama sukseskan program supportlocalbrandsID ini,” tambah Susanty yang juga praktisi bisnis lisensi dan waralaba merek lokal tersebut.

Ketiga perusahaan kolaborator gerakan ini tidak memungut biaya atas transaksi yang terjadi. Keseluruhan nilai uang yang dibayarkan konsumen akan diberikan sepenuhnya kepada para pelaku usaha yang tergabung dalam gerakan supportlocalbrandsID.