Erick Thohir Copot Refly Harun Sebagai Komisaris Utama Pelindo 1

Katadata
Gedung Kementerian BUMN di Kawasan Jalan Kebon Sirih, Jakarta. Menteri BUMN merombak jajaran komisaris PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo I.
20/4/2020, 21.43 WIB

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mencopot Komisaris Utama Pelindo I Refly Harun. Pencopotan ahli Hukum Tata Negara UGM ini berdasarkan surat keputusan Menteri BUMN Nomor SK-123/MBU/04/2020 bertanggal 20 April 2020.

Adapun salinan surat tersebut beredar di kalangan pewarta sejak Senin (20/4) sore. "Dengan ini kami menginformasikan pemberhentian dan pengangkatan anggota dewan komisaris PT Pelabuhan Indonesia I (Persero)," tulis salinan surat tersebut.

Melalui surat tersebut Erick menunjuk Laksamana Madya TNI Ir. Achmad Djamaluddin sebagai pengganti Refly. Selain Refly, Erick Tohir juga memberhentikan Heryadi dari jabatan komisaris independen, serta Bambang Setyowahyudi dan Lukita Dinarsyah Tuwo dari jabatan komisaris.

(Baca: Meski Pendapatan 2019 Turun, Laba Bersih Adhi Karya Naik Jadi Rp 663 M)

Posisi mereka digantikan oleh Arman Depari sebagai komisaris, serta Herbert Timbo Parluhutan Siahaan, Ahmad Perwira Mulia Tarigan, dan Irma Suryani Chaniago sebagai komisaris independen. Hanya Winata Supriatna yang mempertahankan posisinya sebagai komisaris perusahaan.

"Kementerian BUMN juga mengucapkan terima kasih atas sumbangan dan dedikasi jajaran komisaris sebelumnya dan selamat datang kepada jajaran komisaris baru Pelindo I," tulis Erick dalam surat tersebut. Adapun Refly telah menjabat sebagai Komisaris Utama Pelindo I sejak September 2018.

Kepada Katadata.co.id Irma Chaniago menyatakan bahwa dia baru dikabari oleh Kementerian BUMN pada Minggu (19/4) terkait jabatan barunya di Pelindo I.  Meski begitu, dia belum bisa menjelaskan program kerja apa saja yang akan disiapkan kepada manajemen Pelindo I.

“Dihubungi kemarin, kebetulan belum tahu bagaimana cash flow, produksi apalagi rencana kerja nya, yang pasti target produksi harus lebih baik setiap tahun. Pelindo I harus menjadi perusahaan yang sehat dan untung,” ujar Irma.

(Baca: Erick Thohir Dorong Tiga BUMN Produksi Ventilator untuk Pasien Corona)

Dihubungi terpisah, Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinalungga mengatakan bahwa perombakan jajaran komisaris ini merupakan bentuk penyegaran manajemen Pelindo I. Pergantian komisaris ini diharapkan bisa membuat kinerja Pelindo I semakin cepat dan baik.

“Artinya perlu ada refresing di Pelindo I, jadi kami ganti 4 orang. Mudah-mudahan kinerja Pelindo semakin bergairah,” kata Arya ketika dikonfirmasi Katadata.co.id.

Adapun jajaran komisaris Pelindo I yang baru adalah sebagai berikut :

  1. Achmad Djamaludin - Komisaris Utama
  2. Arman Depari - Komisaris
  3. Herbert Timbo Parluhutan Siahaan - Komisaris Independen 
  4. Ahmad Perwira Mulia Tarigan - Komisaris Independen
  5. Irma Suryani Chaniago - Komisaris Independen 
  6. Winata Supriatna - Komisaris. 

(Baca: Erick Thohir Sedih, Hanya 10% BUMN yang Sudah Mandiri)

Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah