Harus Istirahat, Jusuf Kalla Tak Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono

Arief Kamaludin|Katadata
Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12, Muhammad Jusuf Kalla berhalangan hadir di pemakaman Ibu Negara ke-6 Almarhumah Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, atas saran dokter kepresidenan.
Penulis: Happy Fajrian
2/6/2019, 16.25 WIB

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Muhammad Jusuf Kalla tidak dapat menghadiri proses pemakaman Ibu Negara ke-6 Kristiani Herawati atau Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta, dan harus menyaksikan melalui siaran langsung dari stasiun televisi karena harus beristirahat atas saran dokter kepresidenan.

“Bapak berhalangan hadir pada proses pemakaman Ibu Ani karena sedang istirahat atas saran dokter. Bapak sendiri mengikuti dengan seksama proses pemakaman Ibu Ani melalui siaran langsung televisi,” kata Juru Bicara Wapres Husain Abdullah di Jakarta, Minggu (2/6).

Wapres JK dan Mufidah Kalla sebelumnya telah menyampaikan duka cita dan bela sungkawa secara terbuka atas meninggalnya ibu negara periode 2004-2006 tersebut. Mufidah juga telah melayat ke kediaman SBY di Cikeas, Jawa Barat, pada Sabtu malam (1/6).

Mufidah Kalla mengenang putri tokoh militer Letjen TNI (Purn) Sarwo Edhie Wibowo tersebut sebagai sosok keibuan dan pekerja keras, khususnya selama keduanya mendampingi suami masing-masing sebagai kepala negara pada 2004-2009.

(Baca: Budi Waseso: Meninggalnya Ani Yudhoyono Kehilangan Besar Bagi Bangsa)

“Saya mengenal beliau sebagai seorang Ibu Negara yang baik, pekerja keras dan sangat membantu untuk kemajuan bangsa dan negara, khususnya kemajuan ibu-ibu serta anak-anak Indonesia,” kata Mufidah di Jakarta, Sabtu (1/6).

Meskipun pemerintahan SBY dan Jusuf Kalla sudah berakhir, persahabatan antara Mufidah Kalla dan Ani Yudhoyono terus terjalin dengan baik hingga saat ini.

Sementara itu Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-3 B.J. Habibie, serta Wakil Presiden RI ke-11 Boediono terlihat menghadiri proses pemakaman Ani di TMP Kalibata.

Beberapa mantan pejabat negara pun terlihat hadir di antaranya Marty Natalegawa, Akbar Tanjung, dan Chatib Basri. Sejumlah Gubernur juga hadir di lokasi diantaranya, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Khofifah Indar Prawansa.

Ani Yudhoyono, lahir di Yogyakarta 6 Juli 1952, menghembuskan nafas terakhir di National University Hospital (NUH) Singapura pada Sabtu (1/6) pukul 11.30 waktu setempat, setelah menjalani perawatan medis akibat penyakit kanker darah atau leukaemia.

(Baca: Masih Perjalanan Pulang, Prabowo Takziah ke Cikeas Hari ini atau Besok)

Reporter: Antara