Disney Prediksi Pendapatan dari Frozen II Rp 1,8 Triliun dalam Sepekan

iNSTAGRAM/@DISNEY
Ilustrasi karakter Elsa pada film Frozen II.
Penulis: Desy Setyowati
24/11/2019, 09.27 WIB

Penayangan Frozen II dalam sehari mencapai US$ 41,8 juta atau Rp 588,8 miliar pada Jumat (22/11). Disney memperkirakan, pendapatan dari film animasi ini sekitar US$ 110 juta sampai US$ 125 juta (Rp 1,6 triliun hingga Rp 1,8 triliun) selama penayangan sepekan pertamanya di 4.440 bioskop.

Mengutip dari Forbes, Frozen II menjadi film animasi pertama yang menembus US$ 100 juta lebih dalam sepekan, yang tayang di luar musim panas. Sedangkan penayangan film pertamanya, Frozen hanya tembus US$ 93 juta dalam sepekan pertama.

Dalam enam minggu terakhir, jumlah penonton film-film ‘box office’ seperti Terminator: Dark Fate dan Charlie's Angels menurun. Kehadiran Frozen II pun membuat penonton jajaran film ini kembali meningkat.

Pesaing Frozen II minggu ini, yakni Ford v Ferrari hanya meraih US$ 15 juta. Disusul A Beautiful Day in the Neighborhood dengan penghasilan US$ 14,1 juta pada akhir pekan pertama rilis.

(Baca: Sony dan Disney Sepakat, Spider Man Kembali Jadi Bagian Marvel)

Debut 21 Bridges dari STX Films dengan Chadwick Boseman juga hanya menempati posisi keempat, dengan pendapatan US$ 10 juta di 2.665 bioskop. Sedangkan Playing With Fire karya John Cena pada posisi kelima dengan US$ 5 juta.

Di Tiongkok, penghasilan Frozen tembus US$ 48 juta selama sepekan pertama penayangannya. Frozen II kemungkinan bakal melampaui pencapaian itu, karena selama dua hari penayangannya di Negeri Tirai Bambu mencapai US$ 35 juta.

Menurut Kritikus Film Scott Mendelson, tingginya minat penonton terhadap Frozen II merupakan sinyal fenomena ‘breakout sequel’. Penonton berharap ada cerita yang lebih hebat dari film pertamanya.

(Baca: Mengukur Peluang Disney+ Menerobos Dominasi Netflix)

Kondisi seperti ini terjadi juga pada film John Wick. Pendapatan dari film pertamanya sekitar US$ 14 juta pada pekan pertama. Lalu nilainya meningkat pada John Wick II US$ 30 juta dan John Wick III US$ 56 juta selama sepekan.

“Konsumen membeli tiket dan kritikus menyukai Frozen, secara khusus mencintai karakter Anna, Elsa, Olaf dan Kristoff. Bahkan jika mereka muak dengan 'Let It Go' selama enam tahun terakhir,” kata Scott dikutip dari Forbes, kemarin (23/11).

Frozen II bercerita tentang latar belakang kekuatan yang dimiliki Elsa (Idina Menzel). Plot ceritanya mengambil latar tiga tahun setelah film pertamanya.

Film ini juga menceritakan kehidupan Arandelle pada masa lalu. Bahkan, Frozen II mengungkap penyebab kematian orang tua Elsa dan Anna (Kristen Bell).

(Baca: Film Joker Penuh Kontroversi, Polisi AS Tingkatkan Keamanan)