Patuhi Imbauan MUI & Anies, Salat Jumat Tak Digelar di Masjid Istana

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/ama.
Strilisasi di Masjid Istiqlal. Masjid di kompleks Istana tak mengadakan salat Jumat pada hari ini guna mencegah penyebaran virus corona.
Penulis: Dimas Jarot Bayu
Editor: Agustiyanti
20/3/2020, 11.09 WIB

Masjid Baiturrahim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta tak akan menggelar ibadah salat Jumat pada hari ini (20/3) guna mencegah penyebaran virus corona. Sebagai gantinya, para pejabat dan pegawai Istana diimbau untuk melakukan salat zuhur di ruangan masing-masing.

Deputi Protokol Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin membenarkan informasi tersebut. Peniadaan salat Jumat di masjid Istana tersebut mengikuti fatwa yang dikeluarkan Majelis Ulama Indonesia dalam mencegah penyebaran Covid-19.

"Sesuai Fatwa MUI, salat Jumat dapat diganti dengan salat Zuhur di tempat masing-masing," kata Bey ketika dikonfirmasi Katadata.co.id, Jumat (20/3).

Selain fatwa MUI, peniadaan salat Jumat juga mengikuti imbauan yang disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies sebelumnya memutuskan untuk meniadakan ibadah salat Jumat, Misa, dan Kebaktian Minggu selama dua pekan di wilayah Jakarta.

(Baca: Jokowi Minta APBN Fokus untuk Tangani Corona, Bantuan Sosial, dan UMKM)

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, imbauan Anies tersebut diikuti karena Istana masuk ke dalam wilayah Jakarta. "Jadi saya sudah memutuskan kepada Kepala Biro Umum dan Administrasi untuk ditiadakan salat Jumat di masjid Istana, walaupun itu untuk internal," kata Heru.

Tak hanya itu, peniadaan salat Jumat di masjid Istana mengikuti anjuran dari Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization. WHO sebelumnya meminta agar masyarakat menghindari adanya kerumunan yang lebih dari sepuluh orang demi mencegah corona.

(Baca: Sederet Langkah Anies Perangi Virus Corona, Tunda Jumatan hingga Mudik)

Selain itu, WHO mengimbau masyarakat bisa melakukan pembatasan sosial. "Ini sekaligus mencegah berkumpulnya orang sesuai dengan arahan WHO," kata Heru.

Sekadar informasi, Masjid Baiturrahim di Kompleks Istana Kepresidenan bisa digunakan Presiden Joko Widodo untuk salat Jumat ketika berkantor di Jakarta. Para pejabat Istana, seperti Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga melakukan salat Jumat di masjid tersebut.

Reporter: Dimas Jarot Bayu