Kasus Virus Corona di Korsel Melonjak, Penerbangan ke Daegu Disetop

ANTARA FOTO/REUTERS/China Daily
Ilustrasi. Komisi Kesehatan Korea Selatan melaporkan terdapat 161 kasus infeksi baru pada Senin (24/2) sehingga total kasus bertambah menjadi 763 orang.
Penulis: Agustiyanti
24/2/2020, 12.00 WIB

Jumlah kasus infeksi virus corona di Korea Selatan terus meningkat menjadi 763 orang pada Senin (24/2). Korean Airlines dan Asia Airlines pun memutuskan untuk menghentikan sementara penerbangan dari dan menuju Daegu, kota dengan kasus infeksi terbanyak di Negeri Gingseng tersebut.

Dikutip dari Reuters, Korean Airlines menyetop sementara penerbangan ke Daegu hingga 28 Maret, sedangkan Asiana menghentikan penerbangan hingga 9 Maret.

Komisi Kesehatan Korea Selatan melaporkan terdapat 161 kasus infeksi baru pada Senin (24/2) sehingga total kasus bertambah menjadi 763 orang. Pemerintah Korea Selatan telah menaikkan status peringatan terhadap penyakit menular tersebut ke level tertinggi pada kemarin.

Dari kasus-kasus baru tersebut, 115 di antaranya terkait dengan acara gereja di kota tenggara Daegu yang dihadiri oleh seorang wanita berusia 61 tahun. Wanita tersebut kemudian diketahui terjangkit virus corona dan ditetapkan sebagai pasien ke-31 yang terinfeksi di negara tersebut.

Pusat Pengendali dan Pencegahan Penyakit Korea Selatan atau KCDC melaporkan kematian ketujuh akibat virus tersebut yakni seorang pria berusia 62 tahun di rumah sakit Cheongdo.

(Baca: Virus Corona Meluas, Kurs Rupiah Terkoreksi Paling Dalam di Asia)

Meski sebagian besar kasus baru ditemuka di Daegu, hampir seluruh kota besar dan provinsi melaporkan kasus infeksi.

Pihak berwenang saat ini masih menyelidiki penyebab pasti dari wabah ini, lantaran Pasien ke-31 tidak memiliki catatan perjalanan ke luar negeri baru-baru ini.

Wakil Menteri Kesehatan Kim Kang-lip menjelaskan pemerintah telah mengambil tindakan dengan meminta para warganya mengkarantina diri sendiri dan melakukan tes pada 9.500 orang yang ikut dalam pelayanan di gereja yang diduga menjadi lokasi penyebaran virus corona.

Di Daegu dan wilayah lain, warga berbondong-bondong mendatangi supermarket besar dan apotek untuk membeli masker bedah sebagai persediaan. Foto media lokal menunjukkan ratusan orang berbaris di depan toko E-Mart di Daegu sejak pukul 8 pagi.

(Baca: Harga Emas Naik Dipicu Kasus Baru Corona di Korsel, Italia, dan Iran)

Serangkaian acara politik dan budaya pada pekan ini di Korea Selatan dibatalkan. Kementerian Kebudayaan menyebut sebanyak 24 museum dan perpustakaan nasional ditutup sementara.

Bursa saham Kospi hingga perdagangan pukul 13.27 waktu setempat anjlok 3,12%.

Di sisi lain, kasus infeksi virus corona di Tiongkok mulai menurun. Tiongkok mencatat kasus infeksi baru pada Minggu (23/2) bertambah 409, turun dari hari sebelumnya sebanyak 648 kasus. Namun, jumlah kematian bertambah 150 orang, naik dibanding hari sebelumnya sebanyan 97 orang.

Total kasus virus covid-19 di daratan Tiongkok kini mencapai 77.150, sedangkan korban meninggal mencapai 2.592 orang.

Sementara berdasarkan data worldmeters.info, total kasus infeksi virus corona di seluruh dunia mencapai 79.651 dengan total kematian mencapai 2.619 orang.