Ikuti Honda dan Suzuki, Daihatsu Tutup Pabrik saat PSBB di Jakarta

Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pabrik otomotif. Daihatsu akan menutup pabrik kendaraan selama 7 hari.
Editor: Yuliawati
9/4/2020, 19.35 WIB

Perusahaan otomotif asal Jepang, Daihatsu, menghentikan sementara produksi di Indonesia mulai Jumat (10/4) seiring diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB di DKI Jakarta.

Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengatakan perusahaan menghentikan sementara produksi pabrik selama tujuh hari pada 10-17 April. Perusahaan akan kembali berproduksi dengan menyesuaikan kondisi dan kebutuhan pelanggan, terutama ekspor.

"Daihatsu berkomitmen bersama pemerintah memenangkan perang ini. Kami harap seluruh masyarakat Indonesia dapat segera beraktivitas normal kembali," kata Amelia melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Kamis (9/4).

(Baca: Susul Honda, Suzuki Tutup Sementara 3 Pabrik di Jakarta dan Cikarang)

Menurut dia, selain menghentikan produksi pabrik Daihatsu, seluruh outlet dan bengkel resmi di Jakarta juga diputuskan untuk tidak beroperasi sementara, mulai dari 10 April hingga 24 April 2020. Selain itu, bagi seluruh karyawan diminta untuk tetap tinggal di rumah untuk menghindari risiko terinfeksi.  "Keputusan ini dilakukan karena kami mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan serta stakeholders lainnya," kata dia.

Sebelumnya, PT Suzuki Indomobil Motor menghentikan produksi kendaraan di Indonesia selama dua pekan di tiga lokasi pabrik perseroan yakni di Cakung, Tambun, dan Cikarang. Pabrik Suzuki akan ditutup mulai 13 April hingga 24 April 2020.

Meski pabrik libur, perusahaan masih memberikan layanan penjualan suku cadang. Untuk mengurangi intensitas kontak fisik maupun interaksi sosial, Suzuki menerapkan layanan Home Service melalui nomor 0800-1100-800. Sedangkan layanan Suzuki Emergency Roadside Assistance SERA tetap beroperasi 24 jam serta bengkel dan dealer tetap buka seperti biasa.

PT Honda Prospect Motor (HPM) juga menghentikan sementara produksinya selama dua pekan mulai 13 April. Honda saat ini memiliki dua pabrik perakitan di Karawang, Jawa Barat berkapasitas 200 ribu unit mobil per tahun. Tercatat, ada beberapa model yang diproduksi perusahaan, seperti Honda Mobilio, BR-V, HR-V, Jazz, Brio Satya, Brio RS dan CR-V.

(Baca: PSBB Jakarta Berlaku Esok, Bantuan Sembako Siap Disebar ke Rumah Warga)

Reporter: Tri Kurnia Yunianto