Komitmen Telkom Indonesia Terhadap Praktik Bisnis Berkelanjutan

Luky Maulana
Oleh Luky Maulana - Tim Publikasi Katadata
25 April 2025, 17:13

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui ESG brand bertajuk GoZero% telah meluncurkan sejumlah inisiatif keberlanjutan. Hasilnya, perusahaan telekomunikasi pelat merah itu menorehkan beberapa capaian positif.

Sebut misal, Telkom meraih skor ESG Risk Rating mencapai 25,6 dari Sustainalytics. Itu berarti perusahaan termasuk pada kategori medium risk.

Adapun lembaga rating MSCI memberikan skor A dengan predikat baik untuk berbagai praktik berkelanjutan perusahaan.

Selain itu, untuk pertama kalinya, Telkom pada 2024 mengikuti pelaporan di Carbon Disclosure Project. Perusahaan langsung mendapatkan nilai B pada aspek climate yang diyakini merupakan prestasi membanggakan. 

Praktik keberlanjutan Telkom terdiri dari tiga pilar: lingkungan, sosial, dan tata Kelola. Pada pilar lingkungan, misalnya, perusahaan pada 2024 memiliki inisiatif daur ulang kabel bekas, serta pengalihan limbah kabel fiber optik dari pembuangan akhir.

Lalu, pada pilar sosial, Telkom memastikan keberadaan gender di dalam perusahaan. Buktinya, sebanyak 32 persen karyawan perusahaan adalah Perempuan. Bahkan, 22 persen posisi manajerial dijabat oleh Perempuan.

Terakhir, pada pilar tata kelola, perusahaan, misalnya, telah memastikan nol insiden kebocoran data sepanjang 2024.

Selain itu, Telkom mampu meraih loyalitas konsumen yang tinggi. Hal tersebut berdasarkan nilai Net Promoter Score (NPS) perusahaan yang mencapai 58 atau kategori excellence. Ini sekaligus menjadikan Telkom sebagai perusahaan yang menempati peringkat pertama NPS nasional.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Cek juga data ini