Cara GO-JEK Dukung UMKM Kuliner

Tim Riset dan Publikasi
23 Agustus 2018, 16:00

Hasil riset Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LD UI) terhadap UMKM GO-FOOD mengungkapkan ekosistem GO-JEK mendukung pertumbuhan bisnis kuliner di Tanah Air. Lebih dari 250 ribu UMKM kuliner bergabung sebagai mitra GO-JEK melalui layanan GO-FOOD.

UMKM tersebut sangat beragam, mulai dari yang beromzet kurang dari Rp 1 juta hingga lebih dari Rp 15 juta per bulannya. Sekitar 70 persen UMKM mitra GO-FOOD naik omzetnya 26 persen. Selain itu sejulah  UMKM kuliner terdorong merambah bisnis daring sejak mengenal GO-FOOD.

(Baca: Infografik - Jasa Pengantaran Online Picu Pertumbuhan UMKM Kuliner)

UMKM mitra GO-FOOD juga terbukti menghemat 30 persen biaya operasional. Efisiensi ini berasal dari biaya pengadaan armada dan karyawan khusus jasa layanan pengantaran.

Yang tak kalah penting, transaksi UMKM melalui GO-JEK tercatat secara otomatis sehingga memudahkan mereka dalam memperoleh bantuan kredit bank. Ekosistem GO-JEK pun turut menaikkan popularitas UMKM, akibatnya mereka dapat dengan mudah  memperluas pasar.

(Baca : Peneliti UI: Go-Food Sumbang Rp 1,7 Triliun ke Ekonomi Nasional)

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami