Sirsak Kampanyekan #MindfulPlasticJuly, untuk Gaya Hidup Berkelanjutan


Menjawab tantangan sampah plastik di Indonesia, PT Sirkular Saka Indonesia (Sirsak) meluncurkan kampanye nasional #MindfulPlasticJuly — sebuah kompetisi Instagram Reels yang mendorong gaya hidup berkelanjutan melalui kreativitas digital.
Inisiatif ini merupakan kontribusi Sirsak dalam mendukung gerakan global Plastic Free July. #MindfulPlasticJuly bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk lebih bijak dalam mengkonsumsi plastik maupun kemasan lainnya.
Menurut Bank Dunia, Indonesia menghasilkan sekitar 7,8 juta ton sampah plastik setiap tahun, dan 4,9 juta ton di antaranya tidak terkelola dengan baik, mencemari sungai, tempat pembuangan akhir (TPA), dan laut.
Kampanye #MindfulPlasticJuly bertujuan mengubah narasi tersebut dengan mendorong masyarakat untuk membayangkan ulang cara kita menggunakan plastik dalam kehidupan sehari-hari.
“Kami ingin menunjukkan bahwa perubahan besar bisa dimulai dari aksi kecil sehari-hari. Lewat #MindfulPlasticJuly, kami berharap masyarakat terinspirasi untuk mengurangi konsumsi plastik dan menyebarkan semangat keberlanjutan melalui media sosial,” ujar CEO & Co-founder Sirsak Angeline Callista.
Menggerakkan Perubahan Lewat Media Sosial
Mulai tanggal 1 hingga 20 Juli 2025, masyarakat diajak untuk mengunggah video pendek di Instagram yang menunjukkan bagaimana mereka mengurangi, menggunakan kembali, atau mendaur ulang plastik dalam hidup mereka.
Konten Instagram Reels dapat berupa proyek do-it-yourself (DIY) daur ulang, gaya hidup berkelanjutan, konten edukatif, atau komitmen pribadi.
Untuk mengikuti kompetisi ini, peserta cukup membuat video dalam format Instagram Reels, tag akun @sirsak.co dan @vel.earth, serta menyertakan tagar #MindfulPlasticJuly dan #SirsakReels. Video yang menang akan dipilih berdasarkan kreativitas, kejelasan pesan, dan dampaknya.
Yuk, raih kesempatan memenangkan voucher hingga Rp500.000 dan paket produk ramah lingkungan dari brand lokal berkelanjutan favorit seperti norm:a:living, McBlush Merchandising, The New Factory, dan Alner.
Gerakan Kolaboratif
Sirsak menggandeng berbagai kreator, penggerak komunitas seperti Miss Earth, dan media untuk memperluas jangkauan kampanye ini.
Untuk menginspirasi peserta dan memberi contoh nyata, kami merasa terhormat dapat bekerja sama dengan beberapa konten creator seperti Benedict Wermter (@bule_sampah), Novia Arifin (@ceritanupi), Karina Basrewan (@karinabasrewan),Sheyla Ravelo Perez (@sheylaraveloperez), Luthfi Ahmad Fauzi (@luthfi.ahmadf), Neviawati (@neviawati), Patricia Rani (@patriciarani93), Fathia Fairuza (@fathiafairuza), dan Alya Sabira (@the.alyasabira) turut meramaikan kampanye #MindfulPlasticJuly dan membuat Instagram Reels yang menunjukkan gaya hidup berkelanjutan yang mereka jalani dan bisa dilakukan masyarakat!
“Kami percaya kekuatan cerita bisa mengubah perilaku. Setiap video yang dibagikan adalah bagian dari dorongan menuju budaya yang lebih peduli pada keberlanjutan,” tambah Angeline.
Aksi Iklim Dimulai dari Hal Sederhana
Kampanye #MindfulPlasticJuly dari Sirsak hadir dengan semangat menyatukan edukasi, budaya, dan kekuatan komunitas.
Kampanye ini hadir sebagai ajakan terbuka bagi siapa pun yang ingin menjadi bagian dari perubahan.
Mari ikut tantangannya dan menangkan hadiah menarik! Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi akun Instagram @sirsak.hub.