Bank Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 31,6 Triliun untuk Ramadan dan Lebaran 2025

Patricia Yashinta Desy Abigail
13 Maret 2025, 20:50
Foto Bank Mandiri
Katadata
Foto Bank Mandiri
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) menyiapkan kebutuhan uang tunai sekitar Rp 31,6 triliun pada 10 Maret hingga 8 April 2025. Jumlah ini meningkat 5,9% dibandingkan realisasi tahun sebelumnya.

Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri M. Ashidiq Iswara menyatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk membantu nasabah memenuhi berbagai kebutuhan selama bulan ramadhan dan Idulfitri, terutama dalam masa pembayaran gaji dan Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Sebagian besar dari alokasi kebutuhan uang tunai tersebut digunakan untuk memenuhi pengisian ATM Bank Mandiri yang diprediksi mencapai Rp 48,6 triliun selama periode tersebut," ujar Ashidiq dalam keterangan resmi, Kamis (13/3).

Optimalisasi Layanan Perbankan

Bank Mandiri telah mengoptimalisasi pengisian 12.905 unit ATM/CRM (ATM setor tarik) yang terhubung dengan jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia sejak awal bulan hingga libur lebaran.

Selain itu, Bank Mandiri juga memperkuat layanan pembayaran digital untuk mendukung transaksi nasabah, termasuk melalui 264 ribu mesin EDC dan aplikasi Livin’ by Mandiri. Bank juga memastikan likuiditas yang cukup pada Rekening Settlement Dana (RSD) guna mengantisipasi lonjakan transaksi BI FAST selama ramadhan dan Idulfitri.

Sebagai bagian dari kebijakan Bank Indonesia, Bank Mandiri menyediakan layanan penukaran Uang Pecahan Kecil (UPK) bagi masyarakat melalui dua skema utama, yakni layanan penukaran terpadu dan layanan di loket cabang perbankan. Layanan ini tersedia bagi nasabah maupun non-nasabah selama stok masih ada.

"Pemesanan hanya dapat dilakukan melalui situs BI Pintar (https://pintar.bi.go.id/). Masyarakat dapat memilih lokasi bank serta nominal uang yang diinginkan," kata Ashidiq.

Setelah melakukan pendaftaran, masyarakat harus datang langsung ke lokasi penukaran yang dipilih dengan membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli. Proses ini tidak dapat diwakilkan dan akan diverifikasi oleh teller bank sesuai data pemesanan.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...