Toyota Motor Asia Resmi Kuasai 40% Saham Bisnis Mobil Bekas Astra


Toyota Motor Asia Pte. Ltd. (TMA) resmi menguasai 40% saham PT Astra Digital Mobil (ADMO), yakni bisnis mobil bekas (used car) PT Astra International Tbk (ASII).
Pembelian yang dilakukan perusahaan yang berbasis di Singapura itu mencakup akuisisi saham baru maupun saham eksisting, dengan total nilai sebesar US$ 120 juta atau sekitar Rp 2 triliun. Usai transaksi ini, Astra melalui anak usahanya, PT Astra Digital Internasional (ADI), tetap mempertahankan kendali atas ADMO dengan kepemilikan 60%.
Presiden Direktur Astra, Djony Bunarto Tjondro, menyampaikan pihaknya terus berupaya mengoptimalkan bisnis inti sekaligus aktif menanamkan investasi di sektor-sektor yang berpotensi tumbuh dan bisa memperluas skala pasarnya. Menurutnya, pasar mobil bekas di Indonesia saat ini masih terfragmentasi, sehingga menawarkan peluang besar untuk menciptakan nilai dalam skala yang signifikan.
“Kemitraan ini memperkuat komitmen kami untuk berinovasi, memberikan aksesibilitas, dan solusi mobilitas terpercaya bagi masyarakat Indonesia,” ucap Djony dalam keterangannya, dikutip Kamis (8/5).
Deputy Chief Executive Officer Toyota Motor Asia, Hao Quoc Tien, mengatakan Astra adalah mitra lama sekaligus mitra yang dipercaya oleh Toyota. Ia menyampaikan kolaborasi antara kedua perusahaan dapat diperluas lebih jauh.
Hao Quoc Tien juga menyampaikan bahwa Toyota mengusung visi “Mobility for All,” di mana pengembangan bisnis mobil bekas dan layanan mobilitas menjadi langkah penting untuk memperluas jangkauan mereka dalam merealisasikan visi tersebut.
“Kami yakin bahwa kami dapat melanjutkan komitmen yang sudah dijalankan selama lebih dari 50 tahun untuk memberikan kontribusi kepada masyarakat Indonesia melalui kemitraan ini,” ujarnya.
Dia mengatakan, ADMO berpotensi memodernisasi pasar mobil bekas di Indonesia dengan menggabungkan kekuatan ekosistem otomotif Astra yang menyeluruh serta teknologi canggih dan jaringan global Toyota. Hal ini juga dapat menggaet pelanggan di seluruh negeri untuk memperoleh akses yang lebih mudah terhadap kendaraan berkualitas, layanan pembiayaan, asuransi, serta layanan purnajual.
Kemitraan strategis ini juga diharapkan memperkuat sinergi Astra dan Toyota, khususnya dalam memfasilitasi program trade-in yang mempermudah pelanggan untuk membeli kendaraan baru maupun bekas.
Hao Quoc Tien mengatakan kerja sama ini menciptakan peluang strategis besar karena selaras dengan tren makro seperti ekonomi sirkular, upaya meningkatkan keterjangkauan, dan percepatan digitalisasi.
ADMO mengelola OLX.co.id dan OLXmobbi. OLX.co.id dikenal sebagai salah satu platform iklan baris digital terbesar di Indonesia untuk jual beli barang bekas dan jasa, sementara OLXmobbi berfokus pada bisnis mobil bekas dengan model online-to-offline. Saat ini, OLXmobbi mengoperasikan lebih dari 30 toko dan pusat inspeksi yang tersebar di 10 kota besar di seluruh Indonesia.