Jadwal Operasional BCA, Bank Mandiri, BNI, hingga BSI Saat Libur Lebaran


Sejumlah bank melakukan penyesuaian jadwal operasional saat libur Nyepi hingga Idul Fitri 2025. Jelang lebaran, beberapa bank telah mengumumkan layanan yang dapat diakomodir selama periode libur.
Beberapa bank yang telah memberikan pengumuman jadwal operasional seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS), dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI).
Berikut detail penyesuaian jadwal operasional libur Nyepi hingga Idul Fitri 2025 :
Jadwal Operasional BCA Selama Libur
BCA menyesuaikan jadwal operasional kantor cabang sepanjang periode hari libur Nyepi hingga Idul Fitri 2025. Penyesuaian tersebut mengikuti jadwal cuti bersama yang telah ditetapkan pemerintah pada tanggal 28 Maret - 7 April.
Adapun penyesuaian operasional kantor cabang BCA libur Nyepi hingga Idul Fitri 2025 sebagai berikut:
- Jumat, 28 Maret 2025 : Beroperasi di cabang-cabang tertentu
- Sabtu dan Minggu, 29-30 Maret 2025 : Layanan weekend banking ditiadakan
- Senin, Selasa, dan Rabu, 31 Maret - 2 April 2025 : Tidak beroperasi
- Kamis, 3 April 2025 : Melayani B2B Pertamina di cabang tertentu. layanan transaksi B2B Pertamina hanya tersedia di cabang-cabang berikut: KCU Bandung, KCU Galaxy, KCU Matraman, KCU Madiun, KCU Palembang, dan KCU Semaran
- Jumat, 4 April 2025 : Tidak beroperasi
- Sabtu, 5 April 2025 : Beroperasi di cabang-cabang tertentu dengan catatan melayani semua transaksi kecuali valuta asing, sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan real time gross settlement alias RTGS
- Minggu, 6 April 2025 : Layanan weekend banking ditiadakan
- Senin, 7 April 2025 : Beroperasi di cabang-cabang tertentu dengan catatan melayani semua transaksi kecuali valuta asing, sistem kliring nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan real time gross settlement alias RTGS
- Selasa, 8 April 2025 : Seluruh layanan cabang beroperasi normal
Jadwal Operasional BNI Selama Libur Lebaran
BNI menerapkan layanan operasional terbatas pada libur Hari Suci Nyepi Tahun Baru Saka 1947 dan Idul Fitri 1446 Hijriyah.
Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, dalam rangka memberikan layanan perbankan terbaik kepada masyarakat selama liburan, BNI akan melaksanakan operasional terbatas pada 28 Maret hingga 7 April 2025 mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 12.00 waktu setempat.
"Terdapat 86 KC/KCP dan 16 O-Branch BNI menerapkan layanan operasional terbatas sesuai tanggal yang telah ditetapkan agar bisa melayani nasabah selama libur Hari Raya Nyepi dan Idul Fitri 2025," kata Okki dalam keterangan resminya, Kamis (27/3).
Sebanyak 36 outlet beroperasi terbatas pada 28 Maret 2025 diantaranya KC Malang dan KCP Jembatan Ampera Palembang. Sedangkan pada 1 April ada 18 outlet salah satunya KC Kediri dan KCP Gajah Mada.
Sementara itu, sebanyak 40 outlet beroperasi terbatas pada 4 April 2025 dan pada 7 April terdapat 24 outlet diantaranya KC Purwokerto dan Malang.
Okki menambahkan, Layanan O-Branch atau Mobil Gerak BNI juga beroperasi di sejumlah titik arus mudik seperti Tol Keramasan Musi Palembang, Exit Tol Cirebon, Rest Area Madiun 626 dan 597, dan Rest Area 844 Jalur B Probolinggo.
O-Branch BNI juga hadir di lokasi strategis arus mudik seperti Terminal Giri Mas Mataram, Pelabuhan Ketapang, dan area UPPKB Cekik Gilimanuk.
Jadwal Operasional BSI Selama Libur
Bank Syariah Indonesia alias BSI melakukan penyesuaian jadwal. Menurut pengumuman yang dibagikan oleh BSI, pada 28 Maret sampai dengan 7 April perusahaan tidak beroperasi.
Namun demikian, terdapat 448 outlet yang melakukan layanan operasional terbatas untuk nasabah yang ingin melakukan transaksi.
Jadwal Operasional Bank Mandiri Selama Libur Lebaran
Bank Mandiri turut melaksanakan penyesuaian jadwal operasional saat libur panjang. Corporate Secretary Bank Mandiri M. Ashidiq Iswara menyampaikan selama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1446 Hijriah tanggal 28 Maret - 7 April 2025, beberapa cabang Bank Mandiri beroperasi terbatas untuk mengakomodir layanan khusus.
Adapun, untuk memenuhi kebutuhan transaksi, nasabah dapat memanfaatkan layanan digital Bank Mandiri seperti Livin’ by Mandiri untuk nasabah ritel dan Kopra by Mandiri khusus nasabah wholesale. Untuk transaksi tunai diatas Rp 100 juta nasabah yang telah terdaftar dapat memanfaatkan Layanan Antar Jemput Uang (LAJU) melalui Kopra by Mandiri.
"Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan e-channel Bank Mandiri dengan menggunakan ATM/CRM/CSM yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Ashidiq Iswara dalam keterangan resmi, Kamis (27/3).
Ashidiq menyampaikan terdapat 6.306 unit ATM, 6.563 unit CRM dan 290 unit CSM yang terhubung dalam jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima dan Visa/Plus, 253.528 unit Electronic Data Capture (EDC). Khususnya di lokasi strategis seperti rest area, bandara, stasiun, terminal, pelabuhan, pusat perbelanjaan, hotel, SPBU dan tempat wisata.
Ia juga menginformasikan bagi pengguna jalan tol yang belum memiliki kartu mandiri e-money, Bank Mandiri telah menyiapkan stok kartu hingga 1,02 juta kartu yang dapat diperoleh di cabang, Fitur Sukha di Livin by Mandiri, toko retail seperti Indomaret, Alfamart, dan lain-lain. Serta outlet resmi Bank Mandiri di e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Shopee. Serta vending machine di lokasi transportasi dan stasiun.
"Informasi lebih detail mengenai layanan operasional Bank Mandiri dapat dilihat melalui bmri.id/layananlebaran," tuturnya.