Laba Emiten Ritel Mitra Adiperkasa (MAPI) Naik 13% Kuartal I, Apa Penopangnya?


Emiten yang bergerak di bidang retail PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) mencatatkan kinerja keuangan positif pada triwulan pertama 2025. Perseroan meraup pendapatan bersih dengan kenaikan 5,8% menjadi Rp 9,3 triliun dari periode sebelumnya Rp 8,8 triliun secara year on year (yoy).
Melansir data keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia, perseroan yang bergerak di sektor ritel gaya hidup ini juga membukukan laba usaha Rp 769 miliar atau naik 7,8% dari periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara itu laba bersih MAPI tercatat Rp 567 miliar atau naik 13,1%. .
Corporate Communications and Sustainability MAPI Group Ratih D Gianda menyebutkan libur lebaran yang berlangsung lebih awal menjadi rahasia pertumbuhan kuartal MAPI. Selain itu faktor peluncuran iPhone 16 meski tertunda juga menjadi katalis positif bagi perusahaan.
“Tingkat penjualan yang lebih kuat di seluruh segmen selama periode ini membantu menciptakan momentum positif di tengah ketidakpastian pasar yang masih berlanjut,” kata Ratih seperti dikutip dari keterangan resmi Rabu (7/5).
Ratih juga menyatakan bahwa emiten retail Fashion & Beauty: Zara ini juga mengepakkan sayap bisnisnya dengan memperluas portofolio melalui peluncuran Chloé, Christian Louboutin serta Pazzion. Di sisi lain, MAPI juga mengembangkan inisiatif digitalnya dengan mengoperasikan 51 online platform di akhir kuartal 2025.
Ratih mengatakan perusahaan berkomitmen menghadirkan produk yang terkurasi dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan serta para pemangku kepentingan. “Selain itu, kami juga akan terus mengoptimalkan inventory control dan efisiensi biaya sebagai fondasi untuk pertumbuhan jangka panjang,” ucap Ratih.
MAPI telah mengembangkan bisnis ritel ini memiliki 150 brand portfolio seperti Sogo, Seibu, Galeries Lafayette, Fashion & Beauty: Zara, Marks & Spencer, Kipling, Mango serta Onitsuka Tiger.