Raih 10 Juta Penonton, Film Jumbo Akan Ada Sekuel atau Serial?


Animasi Jumbo meraih 10.182.536 penonton. Tim produksi di balik layar animasi Jumbo, Visinema pun bersiap melanjutkan pengembangan intellectual property (IP) dalam skala yang lebih besar.
CEO Of Visinema Studios Herry Budiazhari Salim menegaskan kesuksesan film Jumbo bukan titik akhir, melainkan awal dari perjalanan panjang IP lokal Indonesia untuk bersaing di ranah global.
“Seperti yang saya sudah katakan di awal, kami dari Visinema Studio itu aim-nya untuk storytelling product, di mana storytelling itu adalah Evergreen IP. Dan Evergreen ini kita banyak spektrumnya ya, mungkin ada yang lain,” kata Herry dalam konferensi pers Konser Jumbo: Keajaiban Musik dan Cerita Kita, di Jakarta Pusat, Rabu (25/6)
Menurut dia, Visinema memiliki beragam IP yang dirancang untuk menjangkau berbagai spektrum cerita dan pasar misalnya, mempersiapkan karakter-karakter ‘Jumbo’ seperti Don, Mae, Nurman, dan kawan-kawan sebagai Evergreen IP.
Evergreen IP adalah karya atau merek yang tetap relevan dan disukai sepanjang waktu. Contohnya yakni film, karakter, atau cerita yang bisa terus dinikmati oleh generasi berbeda, meski sudah lama dirilis.
“Semua itu akan kami garap melalui IP journey masing-masing. Dan tentunya, sebagian besar dari mereka juga akan ada feature film di bioskop,” ujarnya.
Menanggapi kemungkinan hadirnya sekuel atau serial dari Jumbo, Herry belum bisa mengungkap secara detail. Namun ia menegaskan film Jumbo telah menjadi momen penting bagi studio mereka, layaknya Toy Story bagi Pixar.
“Jumbo itu seperti Toy Story-nya moment bagi Visinema. IP ini mendapat respons luar biasa, menjadi film terlaris sepanjang masa (untuk animasi lokal). Tentunya kami akan selalu melakukan produksi dari konten-konten yang relevan,” katanya.
Ia memberi sedikit bocoran, yakni tengah menggarap proyek berikutnya, untuk bisa ditayangkan pada momen lebaran tahun depan.
Visinema Gelar Konser, Ajang Syukuran Kesuksesan Film Jumbo
Setelah mencetak sejarah sebagai film animasi Indonesia terlaris sepanjang masa, Jumbo mengadakan konser bertajuk “Jumbo: Keajaiban Musik dan Cerita Kita”.
Chief Content Officer Visinema Studios Anggia Kharisma menjelaskan konser ini sudah direncanakan sejak enam tahun lalu sebagai bagian dari komitmen perusahaan menghadirkan konten terbaik bagi anak-anak dan keluarga Indonesia.
“Ini bukan konser seperti biasanya. Ini pengalaman rasa, perayaan keajaiban musik dan cerita kami. Kami ingin lebih dekat dengan penonton, memeluk hati mereka lewat lagu-lagu yang menyimpan makna mendalam,” ujar Anggia.
Konser akan digelar pada 17 Agustus di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta. Acara ini dirancang untuk bisa dinikmati oleh 8.000 penonton lintas-usia.
Tiket konser Jumbo akan mulai dijual pada 30 Juni 2025, dengan daftar harga sebagai berikut:
- Purple A: Rp250.000 (Restricted View)
- Purple D: Rp350.000 (Restricted View)
- Pink: Rp 350.000
- Bronze B: Rp450.000 (Restricted View)
- Bronze A: Rp550.000 (Restricted View)
- Silver: Rp750.000
- Blue: Rp1.000.000
- Gold: Rp1.000.000
- Platinum: Rp1.750.000 (termasuk tiket konser dan kado dari Don)
- Diamond: Rp2.500.000 (termasuk tiket konser dan kado dari Don)
CEO Antara Suara Ayu Gurnita menyebut konser itu sebagai tantangan baru sekaligus pengalaman yang sangat dinantikan. Setiap penonton akan menempati kursi bernomor alias seating number dengan kapasitas 8.000 penonton.