Transaksi Shopee Diramal Rp 1.088 Triliun, Juara Se-Asia Tenggara

Desy Setyowati
26 Juni 2025, 06:50
tiktok shop by tokopedia, Shopee,
Shutterstock/ Sulastri Sulastri
Aplikasi Shopee
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Nilai transaksi bruto atau GMV Shopee diramal mencapai US$  66,8 miliar atau Rp 1.088 triliun (kurs Rp 16.290 per US$ ) tahun lalu, menurut laporan Momentum Works. Nilainya yang tertinggi di Asia Tenggara.

“Shopee mempertahankan keunggulan. TikTok Shop melaju. Lazada stabil. Shopee memperluas keunggulannya dengan pangsa pasar 52%, didorong oleh peningkatan infrastruktur dan monetisasi yang lebih baik,” demikian dikutip dari laporan Momentum Works bertajuk ‘E-commerce in Southeast Asia 3.0’, Kamis (26/6).

Rincian transaksi Shopee, Lazada, TikTok Shop, dan Tokopedia di Asia Tenggara sejak 2020 sebagai berikut:

2020

  •   Shopee:  US$ 24,3 miliar
  •   Lazada:  US$ 13,1 miliar
  •   Tokopedia:  US$ 10,9 miliar

2021

  •   Shopee:  US$ 42,5 miliar
  •   Lazada:  US$ 21 miliar
  •   Tokopedia:  US$ 16,1 miliar
  •   TikTok Shop:  US$ 600 juta

2022

  •   Shopee:  US$ 47,9 miliar
  •   Lazada:  US$ 20,1 miliar
  •   Tokopedia:  US$ 18,4 miliar
  •   TikTok Shop:  US$ 4,4 miliar

2023

  •   Shopee:  US$ 55,1 miliar
  •   Lazada:  US$ 18,6 miliar
  •   Tokopedia:  US$ 16,3 miliar
  •   TikTok Shop:  US$ 13 miliar

2024

  •   Shopee:  US$ 66,8 miliar
  •   Lazada:  US$ 18 miliar
  •   Tokopedia:  US$ 12,8 miliar
  •   TikTok Shop:  US$ 22,6 miliar

Momentum Works mencatat GMV e-commerce se-Asia Tenggara US$ 128,4 miliar atau Rp 2.090 triliun tahun lalu. Angka ini tumbuh 12% dibandingkan tahun lalu atau year on year (yoy), rinciannya sebagai berikut:

Transaksi e-commerce pada 2024
Transaksi e-commerce pada 2024 (Momentum Works, Katadata/Desy Setyowati)

“Shopee tetap dominan di semua negara Asia Tenggara dengan lebih dari 50% pangsa pasar, kecuali Indonesia. Lazada menempati posisi kedua di Thailand, Filipina, dan Singapura,” demikian dikutip.

Rincian GMV platform e-commerce per negara tahun lalu, sebagai berikut:

Indonesia (US$ 56,5 miliar atau Rp 920,4 triliun)

  •   Shopee (46%) = US$ 26 miliar atau Rp 424 triliun
  •   Tokopedia (23%) = US$ 13 miliar atau Rp 212 triliun
  •   TikTok Shop (11%) = US$ 6,22 miliar atau Rp 101,3 triliun
  •   Bukalapak (10%) = US$ 5,65 miliar atau Rp 93 triliun
  •   Lazada (7%) = US$ 3,96 miliar atau Rp 64,5 triliun
  •   Blibli (4%) = US$ 2,3 miliar atau Rp 36,8 triliun

Thailand (US$ 23,5 miliar atau Rp 382,8 triliun)

  •   Shopee (51%) = US$ 11,99 miliar atau Rp 195,3 triliun
  •   Lazada (25%) = US$ 5,88 miliar atau Rp 95,7 triliun
  •   TikTok Shop (24%) = US$ 5,6 miliar atau Rp 92 triliun

Vietnam (US$ 16 miliar atau Rp 261 triliun)

  •   Shopee (65%) = US$ 10,4 miliar atau Rp 169,4 triliun
  •   TikTok Shop (28%) = US$ 4,48 miliar atau Rp 73 triliun
  •   Lazada (6%) = US$ 960 juta atau Rp 15,6 triliun
  •   Tiki (1%) = US$ 160 juta atau Rp 2,6 triliun

Filipina (US$ 16 miliar atau Rp 261 triliun)

  •   Shopee (52%) = US$ 8,32 miliar atau Rp 135,5 triliun
  •   Lazada (28%) = US$ 4,48 miliar atau Rp 73 triliun
  •   TikTok Shop (19%) = US$ 3,04 miliar atau Rp 50 triliun

Malaysia (US$ 11,5 miliar atau Rp 187,3 triliun)

  •   Shopee (62%) = US$ 7,13 miliar atau Rp 116,2 triliun
  •   TikTok Shop (24%) = US$ 2,76 miliar atau Rp 45 triliun
  •   Lazada (14%) = US$ 1,61 miliar atau Rp 26,2 triliun

Singapura (US$ 4,9 miliar atau Rp 80 triliun)

  •   Shopee (56%) = US$ 2,74 miliar atau Rp 44,7 triliun
  •   Lazada (28%) = US$ 1,37 miliar atau Rp 22,4 triliun
  •   Amazon SG (8%) = US$ 392 juta atau Rp 6,4 triliun
  •   TikTok Shop (8%) = US$ 392 juta atau Rp 6,4 triliun
Transaksi e-commerce pada 2024
Transaksi e-commerce pada 2024 (Momentum Works, Katadata/Desy Setyowati)

“TikTok Shop mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia dan mulai bersaing di negara lain. Pemain lokal mulai kehilangan pangsa pasar secara drastis, kecuali di Indonesia,” demikian dikutip.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview

Inisiatif pembangunan rendah karbon dilakukan pada bidang-bidang prioritas, terutama dalam hal tata guna lahan hutan dan gambut.

Di sejumlah daerah, berbagai inisiatif kolaborasi telah dijalankan dan menunjukkan bahwa kelestarian lingkungan bisa dicapai dengan tetap memperhatikan kesejahteraan warga.

Laporan lengkap dapat diunduh melalui tautan ini

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...