Transaksi Shopee Diramal Rp 1.088 Triliun, Juara Se-Asia Tenggara


Nilai transaksi bruto atau GMV Shopee diramal mencapai US$ 66,8 miliar atau Rp 1.088 triliun (kurs Rp 16.290 per US$ ) tahun lalu, menurut laporan Momentum Works. Nilainya yang tertinggi di Asia Tenggara.
“Shopee mempertahankan keunggulan. TikTok Shop melaju. Lazada stabil. Shopee memperluas keunggulannya dengan pangsa pasar 52%, didorong oleh peningkatan infrastruktur dan monetisasi yang lebih baik,” demikian dikutip dari laporan Momentum Works bertajuk ‘E-commerce in Southeast Asia 3.0’, Kamis (26/6).
Rincian transaksi Shopee, Lazada, TikTok Shop, dan Tokopedia di Asia Tenggara sejak 2020 sebagai berikut:
2020
- Shopee: US$ 24,3 miliar
- Lazada: US$ 13,1 miliar
- Tokopedia: US$ 10,9 miliar
2021
- Shopee: US$ 42,5 miliar
- Lazada: US$ 21 miliar
- Tokopedia: US$ 16,1 miliar
- TikTok Shop: US$ 600 juta
2022
- Shopee: US$ 47,9 miliar
- Lazada: US$ 20,1 miliar
- Tokopedia: US$ 18,4 miliar
- TikTok Shop: US$ 4,4 miliar
2023
- Shopee: US$ 55,1 miliar
- Lazada: US$ 18,6 miliar
- Tokopedia: US$ 16,3 miliar
- TikTok Shop: US$ 13 miliar
2024
- Shopee: US$ 66,8 miliar
- Lazada: US$ 18 miliar
- Tokopedia: US$ 12,8 miliar
- TikTok Shop: US$ 22,6 miliar
Momentum Works mencatat GMV e-commerce se-Asia Tenggara US$ 128,4 miliar atau Rp 2.090 triliun tahun lalu. Angka ini tumbuh 12% dibandingkan tahun lalu atau year on year (yoy), rinciannya sebagai berikut:
“Shopee tetap dominan di semua negara Asia Tenggara dengan lebih dari 50% pangsa pasar, kecuali Indonesia. Lazada menempati posisi kedua di Thailand, Filipina, dan Singapura,” demikian dikutip.
Rincian GMV platform e-commerce per negara tahun lalu, sebagai berikut:
Indonesia (US$ 56,5 miliar atau Rp 920,4 triliun)
- Shopee (46%) = US$ 26 miliar atau Rp 424 triliun
- Tokopedia (23%) = US$ 13 miliar atau Rp 212 triliun
- TikTok Shop (11%) = US$ 6,22 miliar atau Rp 101,3 triliun
- Bukalapak (10%) = US$ 5,65 miliar atau Rp 93 triliun
- Lazada (7%) = US$ 3,96 miliar atau Rp 64,5 triliun
- Blibli (4%) = US$ 2,3 miliar atau Rp 36,8 triliun
Thailand (US$ 23,5 miliar atau Rp 382,8 triliun)
- Shopee (51%) = US$ 11,99 miliar atau Rp 195,3 triliun
- Lazada (25%) = US$ 5,88 miliar atau Rp 95,7 triliun
- TikTok Shop (24%) = US$ 5,6 miliar atau Rp 92 triliun
Vietnam (US$ 16 miliar atau Rp 261 triliun)
- Shopee (65%) = US$ 10,4 miliar atau Rp 169,4 triliun
- TikTok Shop (28%) = US$ 4,48 miliar atau Rp 73 triliun
- Lazada (6%) = US$ 960 juta atau Rp 15,6 triliun
- Tiki (1%) = US$ 160 juta atau Rp 2,6 triliun
Filipina (US$ 16 miliar atau Rp 261 triliun)
- Shopee (52%) = US$ 8,32 miliar atau Rp 135,5 triliun
- Lazada (28%) = US$ 4,48 miliar atau Rp 73 triliun
- TikTok Shop (19%) = US$ 3,04 miliar atau Rp 50 triliun
Malaysia (US$ 11,5 miliar atau Rp 187,3 triliun)
- Shopee (62%) = US$ 7,13 miliar atau Rp 116,2 triliun
- TikTok Shop (24%) = US$ 2,76 miliar atau Rp 45 triliun
- Lazada (14%) = US$ 1,61 miliar atau Rp 26,2 triliun
Singapura (US$ 4,9 miliar atau Rp 80 triliun)
- Shopee (56%) = US$ 2,74 miliar atau Rp 44,7 triliun
- Lazada (28%) = US$ 1,37 miliar atau Rp 22,4 triliun
- Amazon SG (8%) = US$ 392 juta atau Rp 6,4 triliun
- TikTok Shop (8%) = US$ 392 juta atau Rp 6,4 triliun
“TikTok Shop mengalami pertumbuhan signifikan di Indonesia dan mulai bersaing di negara lain. Pemain lokal mulai kehilangan pangsa pasar secara drastis, kecuali di Indonesia,” demikian dikutip.
Inisiatif pembangunan rendah karbon dilakukan pada bidang-bidang prioritas, terutama dalam hal tata guna lahan hutan dan gambut.
Di sejumlah daerah, berbagai inisiatif kolaborasi telah dijalankan dan menunjukkan bahwa kelestarian lingkungan bisa dicapai dengan tetap memperhatikan kesejahteraan warga.
Laporan lengkap dapat diunduh melalui tautan ini