Daftar Biaya dalam Transaksi Shopee, Bagi Penjual ataupun Pembeli 

Kamila Meilina
24 Juni 2025, 17:26
Shopee
Umsu.ac.id
Shopee
Button AI SummarizeMembuat ringkasan dengan AI

Shopee menerapkan sejumlah biaya kepada penjual dan pembeli sebagai bentuk kontribusi atas layanan dan fitur yang disediakan. Besaran serta jenis biaya yang dikenakan Shopee berbeda-beda, menyesuaikan dengan status toko yang didaftarkan.

Terbaru, mulai 20 Juli 2025, Shopee akan memberlakukan biaya proses pesanan sebesar Rp1.250 untuk setiap transaksi yang berhasil diselesaikan. Biaya ini berlaku untuk semua tipe penjual, baik Non-Star, Star, Star+, maupun Shopee Mall.

Pengumuman ini bagi para penjual sebelumnya, juga tercantum dalam laman resmi Seller Shopee. Dalam pengumuman kepada Seller, biaya proses pesanan ini dihitung berdasarkan jumlah pesanan yang sudah diselesaikan.

“Dalam satu pesanan terselesaikan, pembeli mungkin membeli beberapa produk sekaligus,” demikian dikutip.

Artinya, penjual bisa mengestimasi Biaya Proses Pesanan per produk dengan membagi Rp1.250 dengan jumlah produk yang dibeli dalam satu pesanan.

Katadata.co.id juga telah mengonfirmasi terkait hal ini kepada Shopee namun belum ada tanggapan resmi.

Melansir dari laman resmi Shopee, sejumlah biaya dikenakan dalam transaksi baik bagi penjual ataupun pembeli. Berikut merupakan rangkuman sejumlah biaya transaksi lainnya yang dikenakan oleh Shopee:

Khusus Penjual (Seller)

1. Biaya Administrasi

Biaya administrasi dikenakan kepada penjual yang telah memenuhi kriteria tertentu, yaitu: penjual Non-Star yang telah menyelesaikan lebih dari 50 pesanan, penjual yang tergabung dalam program Star atau Star+, serta penjual Shopee Mall.

Program Star merupakan bentuk apresiasi dari Shopee bagi penjual aktif dengan pelayanan yang baik, sementara Star+ diberikan kepada penjual Star dengan performa unggul dan pengalaman belanja yang konsisten baik.

Pada penjual Non-Star hingga Star+, biaya administrasi ini bervariasi berdasarkan kategori produk (A–E) dan status penjual.

Penjual Non-Star dengan pesanan kurang dari 50 pesanan tak dikenakan biaya administrasi. Sedangkan untuk penjual Non-Star dengan pesanan di atas 50 pesanan dan penjual Star/Star+ dikenakan biaya sebagai berikut:

  • Kategori A: 8%
  • Kategori B: 7,5%
  • Kategori C: 5,75%
  • Kategori D: 4,25%
  • Kategori E: 2,5%

Shopee mengkategorikan setiap tipe penjual non-Star, Star, hingga Star+ ke dalam beberapa kategori produk A sampai E. Setiap kode ini menunjukkan jenis-jenis produk yang dijual.

Misalnya, kategori A meliputi Aksesoris Fashion, Buku & Alat Tulis, Buku & Majalah, Fashion Muslim, Hobi & Koleksi, Ibu & Bayi, Kesehatan, Koper & Tas Travel, Mobil, Olahraga & Outdoor, Perlengkapan Rumah, Sepeda Motor.

Kategori B meliputi Elektronik, Handphone & Aksesoris, Audio, Gaming & Konsol, Kamera & Drone, Otomotif dan lainnya. Kategori produk penjual lainnya bisa dilihat dalam laman resmi Shopee Seller.

Khusus Shopee Mall, biaya administrasi dikenakan dalam bentuk persentase dari harga produk setelah dipotong diskon. Persentase ini tergantung pada sub-kategori produk dari A–G, dengan rincian sebagai berikut:

  • 10,2%
  • 9,7%
  • 7,2%
  • 6,2%
  • 5,2%
  • 3,2%
  • 2,5%

Shopee mengelompokkan produk ke dalam kategori A hingga G, dan masing-masing memiliki tarif administrasi berbeda.

2. Biaya Pembayaran

Khusus untuk penjual Shopee Mall, dikenakan biaya pembayaran sebesar 1,8% dari nilai produk yang berhasil terjual. Biaya ini berlaku sama untuk semua kategori produk.

Terhitung mulai 1 Agustus 2024, Shopee menetapkan batas maksimal biaya pembayaran sebesar Rp50.000 per kuantitas produk untuk memberikan perlindungan terhadap margin keuntungan penjual. Seperti biaya lainnya, komponen ini juga sudah termasuk PPN.

3. Biaya Layanan Pembeli

Biaya layanan pembeli adalah potongan yang dikenakan kepada penjual dan digunakan oleh Shopee untuk pengembangan sistem dan teknologi, demi meningkatkan kualitas layanan kepada pembeli.

Pemotongan biaya ini dilakukan secara otomatis melalui sistem saat dana hasil penjualan dilepaskan ke saldo penjual. Biaya ini juga telah mencakup PPN.

4. Biaya Layanan Promo & Gratis Ongkir

Penjual yang mengikuti berbagai program promosi dari Shopee seperti Promo XTRA, Gratis Ongkir XTRA, dan Shopee Live XTRA akan dikenakan biaya layanan tambahan. Biaya ini berlaku jika penjual mengikuti salah satu dari program berikut:

  • Gratis Ongkir XTRA: 4% (kecuali kategori D)
  • Promo XTRA: 1,4%
  • Shopee Live XTRA

5. Biaya Proses Pesanan

Mulai 20 Juli 2025, Shopee akan memberlakukan biaya proses pesanan sebesar Rp1.250 untuk setiap transaksi yang berhasil diselesaikan. Biaya ini berlaku untuk semua tipe penjual, baik Non-Star, Star, Star+, maupun Shopee Mall.

Lebih lanjut, dalam pengumuman kepada Seller, Shopee menyebut Biaya Proses Pesanan ini hanya akan dikenakan bagi setiap pesanan yang terselesaikan. “Dalam satu pesanan terselesaikan, pembeli mungkin membeli beberapa produk sekaligus,” demikian dikutip.

Artinya, penjual bisa mengestimasi Biaya Proses Pesanan per produk dengan membagi Rp1.250 dengan jumlah produk yang dibeli dalam satu pesanan.

Khusus Pembeli: Biaya Layanan Pembeli

Setiap transaksi yang dilakukan oleh pembeli di Shopee akan dikenakan biaya layanan. Besarnya biaya layanan ini bisa berbeda tergantung pada nominal pembayaran serta metode pembayaran yang dipilih oleh pembeli.

Biaya layanan ini sudah mencakup PPN dan akan muncul pada halaman checkout, rincian pesanan, halaman pembayaran, dan faktur pesanan.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.

mobile apps preview
Reporter: Kamila Meilina
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...