Pemerintah Pastikan Tak Ada Eksodus Meski Pemilu 2019 Dekat Hari Libur

Michael Reily
15 April 2019, 17:06
diskon Pemilu 2019, Rudiantara, libur panjang Pemilu 2019, pilpres 2019
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2019 pada 17 April nanti tetap tinggi meski waktu penyelenggaraannya dekat dengan libur panjang.

Pemerintah memastikan tidak ada lonjakan bepergian besar-besaran saat Pemilu 2019. Jumlah golput atau masyarakat yang tidak menggunakan hak pilih tetap terjaga.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan, hal itu mengacu pada tiga indikator. "Harga tiket pesawat relatif normal, tidak ada peningkatan reservasi kursi pesawat, jumlah reservasi hotel juga masih normal," katanya di Jakarta, Senin (15/4).

Dia menjelaskan, rata-rata keberangkatan di bandara masih normal pada angka 70 ribu orang per hari. Jumlah pengunjung yang datang ke Indonesia masih pada level stabil 74 ribu orang setiap hari.

(Baca: Jelang Pemilu 2019, Kominfo Gandeng Polri Atasi Hoaks)

Karena itu, dia optimistis banyak masyarakat akan menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi pada Pemilu nanti. "Dari data, semua normal sampai akhir minggu nanti," ujar Rudiantara.

Pemerintah berusaha meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 dengan menyiapkan program KlingKing Fun. Program ini memberikan diskon hingga setengah harga untuk 250 merek produk kepada masyarakat yang menunjukkan bekas tinta ungu pada jarinya. Bekas tinta dari KPU ini menjadi bukti ia telah mengikuti Pemilu.

Pemerintah juga bakal mengiklankan program KlingKing Fun di 216 spot selama tiga hari untuk enam stasiun televisi nasional. Selain itu, 107 radio peduli pemilihan umum juga bakal menyiarkan kabar diskon besar-besaran kepada masyarakat.

(Baca: Cegah Golput, Pengusaha Beri Insentif Diskon Hingga 50% )

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Kamdani mengatakan, pengusaha ingin paradigma pemilihan umum tidak lagi menjadi sesuatu yang memberatkan masyarakat. "Harusnya jadi suasana yang gembira bagi kita semua," katanya.

Pemilu jatuh pada 17 April 2019 dan ada lagi libur Kenaikan Isa Almasih pada 19 April. Para pekerja yang mengambil cuti di antara tanggal itu bakal mendapatkan libur akhir pekan yang panjang. Karena itu, pemerintah memberikan pesta diskon ini untuk menarik minat masyarakat menggunakan hak pilih.

Progam KlingKing Fun

Ratusan pengusaha menggelar program KlingKing Fun, yakni pesta diskon antigolput yang akan diselenggarakan pada Pemilu 2019. Program ini memberik diskon untuk berbagai produk, seperti fesyen, makanan-minuman, sinema, elektronik, kesehatan, hingga kecantikan.

Beberapa merek yang ikut dalam diskon untuk pesta demokrasi adalah Sogo, Seibu, Wacoal, Sushi Tei, Alfamart, Cinema XXI, ACE Hardware, Electronic City, serta masih banyak lagi. Sebagai Head of Corporate Communication Mitra Adi Perkasa (MAP), Fetty mengaku Starbucks bakal menyiapkan minuman khusus.

(Baca: Deretan Promo Jajanan dan Wisata Menarik Sambut Pemilu 2019)

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf menambahkan, program KlingKing Fun juga berlaku untuk kampanye produk dalam negeri. Toko-toko nasional - kecil atau besar, bisa terangkat serta menyeimbangkan neraca perdagangan global.

Triawan juga meminta supaya pesta diskon ini bisa memacu masyarakat untuk melupakan ketegangan perbedaan pendapat. "Kami ingin gairah perdagangan kembali normal sehingga setiap pihak bisa fokus untuk mengejar indikator pertumbuhan ekonomi," ujarnya.

Reporter: Michael Reily
Editor: Sorta Tobing

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...