Hasil Tes Corona Negatif, Menkominfo Putuskan Tidak Isolasi

Image title
20 Maret 2020, 12:01
Menteri Kominfo Johnny Plate (tengah) dan jajaran direktur jenderal kementerian saat video conference terkait virus corona, Kamis (19/3/2020).
kominfo
Menteri Kominfo Johnny Plate (tengah) dan jajaran direktur jenderal kementerian saat video conference terkait virus corona, Kamis (19/3/2020).
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memutuskan tetap melakukan aktivitas di kantor, setelah dinyatakan negatif virus corona melalui tes yang ia lakukan beberapa waktu lalu.

"Test lab darah, rontgen paru, dan swab test di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto) hasilnya semua negatif," ujar Johnny kepada Katadata.co.id, Jumat (20/3).

Keputusan tidak mengisolasi diri ia ambil karena pihak rumah sakit tidak memberikan rekomendasi khusus kepadanya untuk melakukan isolasi diri. Meski demikian, ia menyatakan tetap membatasi kontak fisik.

"Saya masih bekerja di kantor namun kontak yang sangat terbatas  dengan para pejabat maupun bila secara darurat bertemu dengan pihak-pihak yang sangat selektif. Yang terus diperhatikan adalah jaga jarak kontak fisik dan secara regular gunakan hand sanitizer," ujar Johnny.

(Baca: Jalani Tes, Jokowi dan Iriana Dinyatakan Negatif Corona)

Berbeda dengan Johnny, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang juga mengungkapkan bahwa hasil tes infeksi virus coronanya negatif, justru memutuskan untuk tetap mengisolasi diri di rumah selama beberapa hari ke depan.

"Dari saya sih tes negatif, tapi saya tetap melakukan self quarantine," kata Sri Mulyani di Jakarta, Rabu (18/3).

Menkeu beralasan bahwa ia ingin memberi contoh kepada jajarannya serta masyarakat untuk melakukan social distancing. Hal ini ia lakukan karena penyebaran virus corona di Indonesia, terutama di Jakarta, belakangan ini terjadi cukup pesat.

Sri Mulyani menilai, bekerja dari rumah bukan berarti tak bisa produktif. "Kita tetap menjalankan tugas meskipun tidak dalam posisi bertemu secara fisik," ujarnya.

Adapun pemerintah mengumumkan tambahan pasien positif virus corona pada Kamis (19/3). Jumlah kasus baru yang dilaporkan naik 82 orang, sehingga total ada 309 orang terinfeksi virus ini.

(Baca: Bertambah Lagi, Pasien 04 Corona Telah Sembuh dan Keluar dari RS)

Reporter: Cindy Mutia Annur

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...