KESDM Minta PLN dan IPP Jaga Stok Batu bara untuk Pembangkit Listrik

Image title
8 April 2020, 11:59
batu bara, esdm, listrik, pembangkit listrik
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Ilustrasi, pekerja melakukan pemeliharaan trafo jaringan arus listrik di Medan, Sumatera Utara, Rabu (11/12/2019). Kementerian ESDM meminta PLN dan IPP menjaga pasokan batu bara agar listrik ke masyarakat tidak terganggu di tengah pandemi corona.
Button AI SummarizeBuat ringkasan dengan AI

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral atau ESDM berupaya menjaga pasokan listrik di tengah pandemi corona. Pemerintah pun meminta PLN dan perusahaan listrik swasta (IPP) menjaga pasokan batu bara untuk kelancaran operasi pembangkit listrik.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana bahkan menerbitkan surat bernomor 683/21/DJL.1/2020 tanggal 30 Maret 2020 terkait Langkah Strategis Menjaga Pasokan dan Ketersediaan Listrik. Dalam surat itu, pemerintah meminta PLN dan IPP menyiapkan strategi untuk menjaga keandalan pasokan dan ketersediaan tenaga listrik bagi masyarakat

Apalagi saat ini berlaku masa tanggap darurat penanganan Covid-19 di Indonesia. "Salah satu caranya dengan mengamankan dan memastikan rantai pasok energi primer, termasuk di dalamnya pasokan batu bara," ujar Rida dilansir dari Antara, Rabu (8/4).

(Baca: Jokowi Kesal Kemudahan Akses Listrik RI Kalah dari Negara Tetangga)

Lebih lanjut Rida mengatakan, jika dalam proses pengamanan rantai pasok tersebut terjadi kendala, maka ia mengimbau segera melaporkan pada Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan. Selain itu, perusahaan listrik dapat segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Pemerintah memastikan pasokan listrik tetap berjalan normal di tengah penanganan Covid-19. Pasalnya, listrik menjadi salah satu sumber energi vital dalam pelayanan publik dan rumah sakit.

Selain itu, Rida juga menekankan agar perusahaan menjamin keselamatan dan menjaga kebugaran seluruh pegawainya. Terutama untuk pegawai yang terlibat dalam rantai pasok energi primer pembangkit listrik.

"Kami mengharapkan seluruh staf yang bekerja telah dilengkapi alat pelindung diri yang memadai," ujar Rida.

(Baca: 2.271 Personil PLN Amankan Pasokan Listrik Rumah Sakit Rujukan Corona)

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...